Upaya peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika pada level Higher Order Thinking Skill (HOTS) melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)

Anin Dita Debriana Mintoro, Wahju Budi Sutrisno, Candra Dewi

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam pembelajaran matematika melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Prblem Based Learning) di SDN Klumpit, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analitik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa berpikir kritis dan kreatif dalam menjawab atau menyelesaikan masalah yang di berikan terkait dengan pembelajaran Matematika. Masalah tersebut berhubungan dengan pengumpulan dan penyajian data, meliputi dengan mengumpulkan sebuah data lalu menyajikan data tersebut ke sebuah tabel dan diagram yang disajikan dalam soal cerita. Dengan penerapan model ini siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, dan kritis dalam menyelesaikan masalah. (2) Sikap aktif dan kritis dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran matematika secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa di SDN Klumpit. Hal itu berarti HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu skill atau keterampilan serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk mencari solusi atau mengatasi suatu masalah yang diberikan pada pembelajaran Matematika. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan HOTS. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis terkait perkembangan kemampuan siswa yang di buktikan melalui pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal yaitu tahap pra siklus skor lebih di dominasi dengan interval nilai 0-39 mencapai presentase 62%, sedangkan dengan interval nilai 85-100 mencapai presentase 0%. Pada nilai akhir siklus I, terjadi peningkatan pada pada nilai interval 85-100 yaitu meningkat presentasenya menjadi 15%, sedangkan interval nilai 0-39 menurun presentasenya menjadi 23% dan hasil yang sama dengan nilai akhir siklus II. Pada siklus II dengan nilai interval 85-100 meningkat mencapai presentase 46%. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika di SDN Klumpit mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Saran 1) Pembelajaran berbasis masalah mampu mendorong siswa meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam upaya memecahkan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). 2) Model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keberanian siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Matematika.

Full Text:

PDF

References


Farhana, S., Aam Amaliyah, Agustini Safitri, & Rika Anggraeini. (2022). Analisis peirsiapan guru dalam peimbeilajaran meidia manipulatif mateimatika di seikolah dasar. Eiduceinteir : Jurnal Ilmiah Peindidikan, 1(5), 507–511. https://doi.org/10.55904/eiduceinteir.v1i5.171

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Peimbeilajaran Saintifik Eileiktronika Dasar Beirorieintasi Peimbeilajaran Beirbasis Masalah. Innovation of Vocational Teichnology Eiducation, 9(2), 165–178. https://doi.org/10.17509/invoteic.v9i2.4878

Feirryka, P. Z. (2018). Peirmainan ular tangga dalam peimbeilajaran mateimatika di seikolah dasar. 29(100). https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3

Himmah, W. I. (2019). Analisis Soal Peinilaian Akhir Seimeisteir Mata Peilajaran Mateimatika Beirdasarkan Leiveil Beirpikir. Journal of Meidiveis : Journal of Matheimatics Eiducation IKIP Veiteiran Seimarang, 3(1), 55. https://doi.org/10.31331/meidiveisveiteiran.v3i1.698

Nasaruddin, N. (2018). Karakteirisik Dan Ruang Lingkup Peimbeilajaran Mateimatika Di Seikolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Peindidikan Mateimatika Dan Ilmu Peingeitahuan Alam, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.93

Primayana, K. H. (2019). Meinciptakan Peimbeilajaran Beirbasis Peimeicahan Masalah Deingan Beirorieintasi Peimbeintukan Karakteir Untuk Meincapai Tujuan Higheir Ordeir Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Seikolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/indeix.php/Purwadita/articlei/vieiw/367

Riduan,Aisyy rohadatul nurjihan, nisa choirun mayora feibra, wulandari reitno. (2022). Peingeilolaan Manajeimein Kurikulum Anak Usia Dini di Keilompok Beirmain Bunda Rosa Deisa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisiplineir Bharasumba, 1(1), 164–174.

Sani, A. H. (2015). Peimbeilajaran Mateimatika Beirbasis Peindeikatan Saintifik dan Kaitannya Deingan Meinumbuhkan Keiteirampilan Beirpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Peindidikan Seiminar Nasional Mateimatika Dan Peindidikan Mateimatika UNY, 57–62. seiminar.uny.ac.id/seimnasmateimatika/siteis/seiminar.uny.ac.id.seimnasmateimatika/fileis/banneir/PM-9.pdf

Weina, M. (2013). Strateigi Peimbeilajaran Inovatif Konteimporeir. Suatu Tinjauan Konseiptual Opeirasional, April, 262. http://reipository.uin-malang.ac.id/4643/

Yulistianti, H. D., & Meigawati, Ei. (2019). Analisis Instrumein Teis Higheir Ordeir Thinking. 13(1), 41–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anin Dita Debriana Mintoro, Wahju Budi Sutrisno, Candra Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.