Pengaruh Penerapan Project Based Learning Berbantuan Fitur Infografis Pada Canva Terhadap Keterampilan Menulis Teks Iklan Siswa SD Kelas V
Abstract
Tujuan dari penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran PjBL dengan bantuan fitur infografis pada canva berdampak pada keterampilan siswa sekolah dasar kelas V dalam menulis teks iklan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model desain posttest only control groub. Menurut analisis hasil posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 76. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks iklan siswa SD kelas V terpengaruh oleh penerapan pembelajaran PjBL dengan bantuan fitur infografis pada canva. Nilai korelasi r_hitung = 0,792 dan r_tabel = 0,306. Dengan demikian, nilai r_hitung lebih besar dari r_tabel, yang menunjukkan bahwa nilai korelasi sangat signifikan. Dengan menggunakan uji t, uji hipotesis menemukan perolehan t_hitung = 5,230 dan t_tabel = 1,686 pada taraf signifikan 5%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian penerapan project based learning berbantuan fitur infografis pada canva terhadap keterampilan menulis teks iklan yang dilihat dari pengaruh anatara variable x dan y yaitu adanya pengaruh penerapan project based learning berbantuan fitur infografis pada canva terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa sekolah dasar kelas V.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723
Ikhwanuddin, M. A. (2013). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17678
Kurniasih. (2016). Infografik. 43–60. https://doi.org/10.1007/978-3-662-53850-0_5
Lukitaningsih Ambar. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670
Mustari, F. (2021). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Menulis Poster Siswa Kelas V Sd Inpres Sero Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.
Rahman Susetyo, H., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas Infografis Sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Art Nouveau, 4(1), 82–91. http://repository.upi.edu/8982/2/t_bp_1007201_chapt
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Susilawati, -, Jannah, W. N., & Dianasari, -. (2018). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar Ipa Calon Guru Sd. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 38. https://doi.org/10.17509/eh.v10i1.8871
Sutinnah, S., Santi, A. U. P., & Rosmi, F. (2020). Efektifitas Infografis pada Materi Listrik Kelas VI dalam Pembelajaran Daring di SDN Kebayoran Lama 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–6.
Taspolat, A., Kaya, O. S., Sapanca, H. F., Beheshti, M., & Ozdamli, F. (2017). An investigation toward advantages, design principles and steps of infographics in education. Ponte, 73(7), 157–166. https://doi.org/10.21506/j.ponte.2017.7.9
Triningsih. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anik Sulifah, Sri Lestari, Endang Sri Maruti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.