Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMKN 1 Gunung Sindur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Gunung Sindur, dan tantangan serta hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran dan pengajaran, dan bagaimana pemahaman peserta didik setelah diterapkannya Kurikulum Merdeka, serta respon peserta didik setelah diterapkannya Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Metode penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tanya jawab, dan wawancara guru mata pelajaran Bahasa Indonesia serta peserta didik kelas X. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Gunung Sindur telah di terapkan pada tahun pertama, maka dari itu terdapat tantangan dan hambatan yang dialami oleh guru maupun peserta didik pada pembelajaran, tepatnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tantangan tersebut yaitu 1) Kurangnya Pemahaman Terdahap Kurikulum Merdeka, 2) Pemahaman Terhadap Pembelajaran Digital, 3) Pandai Mengelola Kelas, Sedangkan hambatannya yaitu 1) Kurangnya Pemahaman Teknologi, 2) Fasilitas Sekolah yang Kurang Memadai, 3) Pembelajaran Berfokus Pada Peserta Didik. Adapun Tantangan bagi peserta didik yaitu 1) Peserta Didik Mencari Materi Belajar Sendiri, 2) Moving Class, 3) Peserta Didik Menjadi Lebih Aktif. Keberhasilan pada penerapan Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Gunung Sindur bisa tercapai apabila guru bisa menanggulangi tantangan serta hambatan yang ada, sehingga pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dapat dilaksanakan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. 2013. Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi. Vol. 4 No. 1. 4 (1), 65-74
Anggara, Ari. 2023. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 5. Nomor 1
Damyanti, Amelia Dwi, dkk. 2020. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia
Tsuraya, Febia Ghina dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya. Vol. 1. No. 4
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. https://kurikulum.gtk.kemendikbud.go.id/detail-ikm/
Munandar, Arif. 2017.”Membangun Generasi Berkarakter melalui Pembelajaran Inovatif” Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Mataram: Aula Handayani IKIP Mataram.
Miftakhu, Rosyad Ali. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. TARBAWI Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 5. No. 02, 173-190
Marisa, M. 2021. Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5 (1), https://doi.org/10.17509/jpm.vlil.3264
Sari, Ferta Bonita, dkk. 2020. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Intergrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No.4
Supriyanto, Didik. 2014. Meningatkan Proses Pembelajaran melalui Moving Class. MODELING Jurnal Program Studi PGMI. Vol. 1. No. 1
Sherly, E. Dharma, dkk. 2020. Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, I, 183-190.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Amalia Susanti, Khaerunnisa Khaerunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.