Peningkatan keterampilan menulis surat resmi menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media canva pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngronggot

Alfu Laili Rahmawati, Sri Lestari, Titik Hamidiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat resmi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Canva pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngronggot. Subjek penelitiannya yaitu 24 peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngronggot tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Observasi dan dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Kemudian, prosedur penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Perolehan nilai meningkat ditandai dengan meningkatnya nilai tertinggi dari prasiklus hingga siklus II. Nilai tertinggi secara berurutan pada tiap siklus yaitu 85, 90, dan 95. 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar secara klasikal pada ketuntasan belajar peserta didik. Presentase kenaikan ketuntasan belajar secara berututan pada tiap siklus yaitu; 50%, 66,7%, dan 83,3%. 3) Perolehan nilai rata-rata peserta didik juga mengalami peningkatan pada tiap siklus pembelajaran. Kenaikan nilai rata-rata siswa secara berurutan pada tiap siklus yaitu 70, 77,5 dan 83,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis surat resmi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Canva pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngronggot


Keywords


Menulis; Surat Resmi; Problem Based Learning; Canva

Full Text:

PDF PDF

References


Asyari, M. R., Ramadhani, S., & Baru, S. (2021). Sistem Informasi Arsip Surat Menyurat. 3(1), 175–184.

Sawitri, A. E., & Irhandayaningsih, A. (2017). Analisis Penggunaan Aplikasi Tata Surat Dalam Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 411–420. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23173

Septiani, C., Emidar, & Noveria, E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(7), 191–197.

Siswanjaya, S. (2021). Penggunaan Canva pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Menulis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 421–442. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259

Sriyanti. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Metode Kolaborasi ( Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. jurnal diksatrasia, 1(20), 157.

Wahidah. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII Smp Muhammadiyah 5 Ngupit Tahun Pelajaran 2018/2019. Repository.unwidha.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alfu Laili Rahmawati, Sri Lestari, Titik Hamidiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.