Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Mahasiswa

Rica Wijayanti, Zainuddin Zainuddin, Didik Hermanto

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar dan pembentukan karakter mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara pengisian lembar angket dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket motivasi dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya implementasi kurikulum merdeka dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan (2) adanya implementasi kurikulum merdeka dapat membentuk karakter mahasiswa. Adapun karakter yang terbentuk diantaranya percaya diri, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu yang tinggi, komunikatif, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Mahasiswa memiliki rasa percaya diri terhadap kemampuan mereka khususnya saat menyampaikan ide yang mereka miliki untuk menyelesaikan masalah. Adanya kurikulum merdeka yang diterapkan dengan memberikan kebebasan mahasiswa dalam mengeskplorasi pengetahuan mereka seluas-luasnya, membuat mahasiswa menjadi pribadi yang memiliki rasa ingin tahu, mandiri dan kreatif. Kurikulum merdeka yang didalamnya juga terdapat program belajar di luar kampus membentuk mahasiswa menjadi pribadi komunikatif dan peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga keberadaan mahasiswa berdampak bagi masyarakat.


Keywords


kurikulum merdeka; motivasi belajar; pembentukan karakter

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1974–1984. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1047

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923

Hamdi, S., & Triatna, C. (2022). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF PEDAGOGIK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1).

Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 121–130. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1738

Innayati, U. (2022). 241-471-1-SM. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(1), 293–304.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Tono Supriatna Nugraha. Jurnal UPI , 19(2), 251–262. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954

Pelita Harapan, U., Raharja BOSE Indonesia, S., Dian Harapan Lippo Cikarang, S., Barat, J., & Lukas, S. (n.d.). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa MENGUKUR RASA INGIN TAHU SISWA [MEASURING STUDENTS’ CURIOSITY] Martinus Ronny Wibhawa.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sari, R. M. (n.d.). PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN.

Suryaman, M. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Voni Nurhidayati, F. R. M. S. (2022). VONI NURHIDAYATI, DKK 707.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rica Wijayanti, Zainuddin Zainuddin, Didik Hermanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.