Implementasi PBL dalam Pembelajaran KUMER Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Ilham Brilian Setyabrata, Octarina Hidayatus Sholikhah, Satdewo Satdewo

Abstract


Belajar Ini target Untuk meningkatkan hasil mempelajari Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan ( PPKn ) dari siswa kelas 4 SD kabupaten Madiun melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL ) di Kurikulum Merdeka. Belajar dibuat selama 2 siklus Dengan dengan partisipasi 7 siswa. Data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Apa penerapan PBL di Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kemampuan pemacahan masala siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa pada tes adalah 76,8, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,1. Selain itu, observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Sepanjang pembelajaran, metode PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah ketika mempelajari kurikulum mandiri. PBL merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa selama mempelajari Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). PBL adalah metode pembelajaran yang menantang yang mengajarkan siswa agar bekerja secara kolaboratif dalam kelompok untuk temuan solusi dari masalah dunia nyata untuk meningkatkan kemampuan analitis dan kreatif mereka.


Keywords


Pembelajaran berbasis masalah; Kurikulum merdeka; Hasil belajar PPKn

Full Text:

PDF

References


Akhwani, A. (2018). Permbelajaran Ppkn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education and Human Development Journal, 3(2).

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Febriani, D., & Rahmatina, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2354–2359.

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1494–1499.

Jalmo, T., Fitriyani, D., Yolida Pendidikan Biologi, B., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. In Jurnal Bioterdidik (Vol. 7, Issue 3).

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 23–35.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2).

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66–78.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Ramadhani, E. W., Devi, S., Dewi, N. D. L., Alrifta, I., Syamlan, N. C., & Nur’Aini, K. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik. SNHRP, 213–219.

Ramadhaniar, N., Hidayat, M. T., & Taufiq, M. (2020). Harmoni Pengetahuan dan Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDI Saroja Surabaya. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–11.

Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 99–108.

Wijayanti, S., Hartono, S., & Murniati, N. A. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar Supriyadi Kota Semarang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2), 128–137.

Yelnosia, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5), 166–183.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ilham Brilian Setyabrata, Octarina Hidayatus Sholikhah, Satdewo Satdewo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.