Analisis profil keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran Biologi

Farah Halimah, Fani Nurrizki, Elissa Intan Fadmala, Atik Sulistiyowati, Nurul Kusuma Dewi

Abstract


Keterampilan berpikir kritis menjadi titik fokus pendidikan di era abad 21, sebagaimana berpikir kritis menjadi salah satu dimensi yang dilatihkan dalam profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 107 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes two-tier multiple choice. Soal dibuat mengacu kepada enam indikator keterampilan berpikir kritis yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation dan Self-regulation. Hasil penelitian keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator Interpretation menunjukkan persentase 23,33% dengan kategori rendah, indikator Analysis menunjukkan persentase 53,67% dengan kategori sedang, indikator Evaluation menunjukkan persentase 60% dengan kategori tinggi, indikator Inference menunjukkan persentase 57% dengan kategori sedang, indikator Explanation menunjukkan persentase 24,33%  dengan kategori rendah, dan indikator Self-regulation menunjukkan persentase 60,33% dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 59% yang dapat dikategorikan keterampilan berpikir kritis yakni sedang atau cukup baik.


Keywords


Keterampilan Abad 21; Keterampilan Berpikir Kritis; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran. Florea, 6(1), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Aisya, N., Corebima, A. D., & Mahanal, S. (2017). Hubungan Antara Pretest Dengan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Model Pembelajaran RQA Ddipadu CPS Di Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 172–177.

Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project based learning and problem based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Aston, K. J. (2023). ‘Why is this hard, to have critical thinking?’ Exploring the factors affecting critical thinking with international higher education students. Active Learning in Higher Education, 1–14. https://doi.org/10.1177/14697874231168341

Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–155. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1310

Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. In Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (pp. 1–45).

Kemendikbud. (2022). Pengertian Profil Pelajar Pancasila. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14145044257945-Pengertian-Profil-Pelajar-Pancasila

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123

Mulyani, A. Y. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226

Ramdiah, S., & Adawiyah, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kemampuan Akademik Rendah. Simbiosa, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v7i1.1255

Rintayati, P., Lukitasari, H., & Syawaludin, A. (2020). Development of Two-Tier Multiple Choice Test to Assess Indonesian Elementary Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 555–566. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14133A

Saleh, R., & Filawati. (2023). Profil Pembelajaran Biologi Di SMA Kabupaten Jeneponto. Jurnal Indragirii, 3(2), 5–9.

Slameto. (2017). Critical Thinking and Its Affecting Factors. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 1–11. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5187

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017 Dengan Tema "Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C)”, 21(2000), 223–231. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11417/8102

Tendrita, M., & Sari, A. P. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dipadu RQA Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1427


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Farah Halimah, Fani Nurrizki, Elissa Intan Fadmala, Atik Sulistiyowati, Nurul Kusuma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.