Penerapan Media Benda Konkret Materi Volume Bangun Ruang Balok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SDN Tulungrejo 01 Kabupaten Madiun

Christia Olyf Vera, Nur Samsiyah, Desiana Novitarini Kedati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan penggunaan media benda konkret dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi volume balok pada siswa kelas V SDN Tulungrejo 01 Kabupaten Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang prosedurnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Jumlah siswa kelas V yang diteliti sebanyak 11 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi volume balok menggunakan benda konkret melalui soal cerita pada siklus 1 sebanyak 30% tuntas dan 70% tidak tuntas dengan rata- rata klasikal 72. Pada siklus 2 sebanyak 96% tuntas dan 4% tidak tuntas dengan rata- rata klasikal 91,2. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran matematika materi volume balok melalui soal cerita.


Keywords


pemahaman siswa; materi volume balok; media benda konkret

Full Text:

PDF

References


Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Montani, Teresa Oettinger. 2004. Mathematical Disabilities in Elementary School Children. Number 7 Electronic Journal for Inclusive Education. Vol. 1, No. 7.

Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa kelas v sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangu,n ruang. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65-74.

Fauzi, A., & Haeriah, H. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri Bangun Ruang Ditinjau Dari Persepsi Guru. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 17-23.

Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Febrianto, B. (2021, October). Pentingnya Media Tangram Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 290-294).

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479-485.

Wahono., Hasiana, I., & Vinayastri, A. (2022). Perkembangan Anak: Mendukung Implementasi MBKM. Solok: Cendekia Muslim.

Daryanto, M. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Isman, 2013. Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3). 1-13

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 228-242.

Andzani, A. B., Rahmawati, E., & Susilo, T. A. B. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PAMITUNG (PAPAN MINIATUR HITUNG) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 994-1005. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5881

Tsamara, D. S., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU FLANEL MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DI KELAS I SDN KASOMALANG VIII. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 404-414. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6400

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735-1742.

Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan pembelajaran metematika melalui penggunaan media benda konkret pada kelas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 163-175.

Kurniawati, I., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(01), 30-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Christia Olyf Vera, Nur Samsiyah, Desiana Novitarini Kedati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.