Penerapan Media Benda Konkret Materi Volume Bangun Ruang Balok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SDN Tulungrejo 01 Kabupaten Madiun
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan penggunaan media benda konkret dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi volume balok pada siswa kelas V SDN Tulungrejo 01 Kabupaten Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang prosedurnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Jumlah siswa kelas V yang diteliti sebanyak 11 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi volume balok menggunakan benda konkret melalui soal cerita pada siklus 1 sebanyak 30% tuntas dan 70% tidak tuntas dengan rata- rata klasikal 72. Pada siklus 2 sebanyak 96% tuntas dan 4% tidak tuntas dengan rata- rata klasikal 91,2. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran matematika materi volume balok melalui soal cerita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).
Montani, Teresa Oettinger. 2004. Mathematical Disabilities in Elementary School Children. Number 7 Electronic Journal for Inclusive Education. Vol. 1, No. 7.
Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa kelas v sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangu,n ruang. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65-74.
Fauzi, A., & Haeriah, H. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri Bangun Ruang Ditinjau Dari Persepsi Guru. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 17-23.
Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Febrianto, B. (2021, October). Pentingnya Media Tangram Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 290-294).
Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479-485.
Wahono., Hasiana, I., & Vinayastri, A. (2022). Perkembangan Anak: Mendukung Implementasi MBKM. Solok: Cendekia Muslim.
Daryanto, M. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Isman, 2013. Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3). 1-13
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 228-242.
Andzani, A. B., Rahmawati, E., & Susilo, T. A. B. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PAMITUNG (PAPAN MINIATUR HITUNG) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 994-1005. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5881
Tsamara, D. S., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU FLANEL MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DI KELAS I SDN KASOMALANG VIII. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 404-414. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6400
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735-1742.
Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan pembelajaran metematika melalui penggunaan media benda konkret pada kelas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 163-175.
Kurniawati, I., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(01), 30-41.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Christia Olyf Vera, Nur Samsiyah, Desiana Novitarini Kedati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.