Meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara multi metode pada materi pada siswa kelas IV SD Negeri Tiris III Kabupaten Probolinggo

Uswatun Hasanah, Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Nurul Yaqin, Dini Oktaviani, Yuni Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara multi metode. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari uraian sebelumnya agar proses belajar mengajar IPA lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal.Dari rata - rata nilai ulangan harian yang diperoleh siswa kelas IV SD Negeri Tiris III hampir setiap siswa mendapatkan nilai rendah pada Materi Pembelajaran Energi dan Penggunaanya.  Penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan pembelajaran Multi Metode menggunakan contoh sumber energi yang sebenarnya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV terhadap materi Energi dan Penggunaanya Penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali kegiatan yaitu siklus 1 (Senin,  17 Januari 2022) dan siklus II (Senin, 24 Januari  2022). Dilihat dari keberhasilan siswa dal setiap siklus yaitu Jumlah rata-rata tes formatif siklus I (66,16%), dan siklus II (77,91%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Multi Metode dengan menggunakan contoh Sumber energi yang sebenarnya dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Tiris III, serta pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPAditulis


Keywords


Hasil Belajar, Multi Metode

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah PanitianPelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nasution : ( 2000:88 ), belajae adalah suatu aktivitas yang diperoleh melalui pengalaman (learning by experience ).

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Soedjadi et al. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Uswatun Hasanah, Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Nurul Yaqin, Dini Oktaviani, Yuni Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.