Congklak pintar : inovasi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media permainan tradisional

Wulan Septia Hapsari, Yustina Setya Nugraha

Abstract


Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan bidang ilmu yang mempelajari puisi, prosa, cerita, novel, naskah, dan karya sastra lainnya dalam bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia ini juga merupakan bidang yang mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Aspek yang meliputi media pembelajaran sangat banyak sekali terdapat teori pembelajaran dan penjelasan tentang pengajaran dalam bahasa. Banyak metode dan media yang akan diajarkan kepada peserta didik. Pada kesempatan ini terdapat kreativitas peserta didik untuk menumbuhkan rasa minat belajar di dalam suatu permainan yang dapat mengasah pola pikir pada peserta didik. Salah satunya pembelajaran menggunakan cara yang efektif dan menciptakan  inovasi baru yang di tunjukkan dengan penggunaan media dalam pembelajaran, sebagai pembentuk kreativitas dan pengasah pola pikir anak semakin tumbuh dan  berkembang. Contoh media yang dapat digunakan kali ini adalah “Permainan Tradisional Dakon”. Dakon adalah salah satu permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang. Media permainan ini merupakan permainan tradisional  yang berada di Indonesia. Permainan Tradisional dengan media Dakon ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pemahaman anak dalam bermain bersama, harus selalu menghormati satu sama lain, serta melatih kejujuran dan kesabaran menunggu giliran untuk memainkan biji dakonnya, selain itu dalam permainan ini siswa dilatih dalam hal berhitung (kecerdasan) sehingga akan membentuk dan melatih anak dalam pendidikan karakter yang lebih unggul.


Keywords


Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media Pembelajaran, Permainan Tradisional Dakon

Full Text:

PDF

References


Sulkar, A., (2017). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN 248 Laikang Kebupaten Bulukumba. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar. diperoleh dari: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/653-Full_Text.pdf

Nugroho, S.F.N.R., (2016). Kenapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia?. Diperoleh dari https://campus.quipper.com/majors/id-pendidikan-bahasa-indonesia

Puteri, N.S. (2021, Agustus 04). Mengenal Permainan Tradisional “Dakon”. Diperoleh dari https://esports.skor.id/mengenal-permainan-tradisional-dakon-01388901

Ulya, H., (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan. 371-376.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wulan Septia Hapsari, Yustina Setya Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.