Upaya penumbuhan perilaku toleransi pada anak usia dini di lembaga PAUD

Yuliana Yuliana, Hermawati Dwi Susari, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman mulai dari macam-macam agama, budaya, suku, bahasa, dan lain-lain. Keberagaman tersebut menjadikan penghias negara Indonesia dari dahulu dampai kapanpun akan melekat. Disamping hal tersebut, kegeragaman bisa menjadikan Indonesia  rentang terjadikonflik. Konflik terjadi mulai dari polemik agama, suku, kebudayaan, dan lain-lain. Polemik muncul karena perbedaan pandangan dan kepentingan. Anak Usia Dini (AUD) juga mengalami dan menghadapi keberagaman tersebut, sampai tidak sedikit polemik intoleransi yang melibatkan anak usia dini. Toleransi sebagai modal anak untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga anak mampu menghargai keberagaman yang tidak sama dengan dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam menumbuhkan perilaku toleransi anak usia dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang diperolehdari artikel, buku, peraturan perundang-undangan, dan lain-lain. Toleransi di lembaga PAUD dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu toleransi sosial, toleransi budaya, dan toleransi agama. Upaya penumbuhan toleransi dengan peran kepala sekolah dan guru sebagai stalk holder inti di suatu kelembagaan.


Keywords


Anak Usia Dini, Perilaku Toleransi, Upaya Sekolah

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2017). MEMBUDAYAKAN LITERASI DENGAN PROGRAM 6M DI SEKOLAH DASAR. JPSD 3 (1).

Anwar, R. N. (2021). Internalization Of Spiritual Value In Forming Attitudes And Behavior Of Students In Distance Learning Periods. Proceeding IConIGC: International Conference on Islamic and Global Civilization. Malang: Faculty of Islamic Studies – University of Islam Malang.

Darlis. (2017). Mengusung Moderasi Islam Di Tengah Masyarakat Multikultur. Rausyan Fikr 13 (2).

Indonesia, K. A. (2019). Moderasi Beragama.

Iswan, & Herwina, B. (2018). Penguatan pendidikan karakter perspektif islam dalam era millenial IR 4.O. prosiding seminas nasional pendidikan. umj.

Japar, M., Irawaty, & Fadhillah, D. N. (2019). PERAN PELATIHAN PENGUATAN TOLERANSI SOSIAL. JPIS 29 (2).

Karim, H. A. (2019). “Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil ’Alamin Dengan Nilai- Nilai Islam. Ri'ayah 4(1).

Khairunnisa, F. &. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN.

Kompas.com. (2018). “Viral Peserta Karnaval Bawa Senjata Mainan.”. probolinggo.

Lestari, G. (2015). Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di Tengah. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan, UGM.

Nugroho, M. A. (2017). PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA. Edu Geography, UNNESA.

Nurhayati, S. P. (2020). Perkembangan Interaksi sosial Dalam meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125-137.

rahman , M. f., Najah, S., & Anti. (2020). BHINNEKA TUNGGAL IKA SEBAGAI BENTENG TERHADAP RISIKO. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan.

Republika.co.id. (2020). Kemenag: Moderasi Beragama Harus Diperkenalkan Sejak Dini.

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul -Fikri .

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter.

Suara.com. (2018). “Biadab! Ibu Gandeng 2 Putri Kecil Lakukan Bom Bunuh Diri.”. Suara.com.

Supiana, a. R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Educan 1 (1).

Waman, Y. &. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan.

yani, a., & jazariyah. (2021). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan. Obsesi.

Yuliana, Lusiana, F., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. Obsesi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuliana Yuliana, Hermawati Dwi Susari, Rosyida Nurul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.