Permainan ular tangga untuk anak sekolah dasar : media pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menulis, membaca, menyimak, dan berbicara yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Keempat keterampilan berbahasa dianggap penting dalam kehidupan, sehingga siswa tidak hanya diberi teori dan penjelasan tentang pengajaran bahasa, tetapi seharusnya juga mendapat efektivitas dan pelatihan dari model pembelajaran agar mereka menguasai dan menerapkan keterampilan berbahasa tersebut. Pembelajaran bahasa di sekolah memang sangat penting karena dapat menunjang pembelajaran bidang studi lain. Salah satu penunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah degan menggunakan inovasi baru. Inovasi ditunjukkan dengan penggunaan media dalam pembelajaran, sebagai salah satu bentuk kreativitas guru. Contoh media yang dapat digunakan dalam pembelajaran ialah media “ Ular Tangga, Dalam Nama : Hewan, Tumbuhan, Dan Benda “. Media Ular Tangga, Dalam Nama : Hewan, Tumbuhan, Dan Benda ini ialah media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berupa kumpulan kata-kata yang dibuat dan disusun secara rapi dengan menggunakan pola permainan ular tangga guna meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembuatan media pembelajaran ular tangga ini dapat menjadi alternatif dalam proses belajar. Media pembelajaran ini, dapat dijadikan salah satu bukti bahwa kita dapat belajar sekaligus bermain dalam satu wadah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin Padamu. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diakses pada 18 Juni 2022, dari https://www.padamu.net/pentingnya- pembelajaran-bahasa- indonesia
Elisa, Edi. (2022). Pengertian Media Pembelajaran. Diakses pada 18 Juni 2022, dari https://educhannel.id/blog/artikel/penge rtian-media-pembelajaran.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ponco Naufal Hidayat, Panggih Sukmana Jati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.