Engklek edukatif: penggunaan permainan tradisional engklek sebagai media pengajaran bahasa dan sastra indonesia

Devi Nurfitasari, Meilani Alvindha Putri

Abstract


Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang melatarbelakangi permainan tradisional engklek ini digunakan sebagai media pengajaran untuk mengidentifikasi unsur instriksik teks drama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan permainan engklek dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang unsur intrinsik teks drama dan juga untuk mengetahui tingkat kelayakan media permainan tradisional engklek dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.  Hasil yang ingin dicapai dalam permainan tradisional engklek yang dikembangkan untuk pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk memenuhi kriteria valid dan praktis sesuai dengan yang diharapkan oleh guru. Semakin banyak pertanyaan tentang unsur instrinsik drama yang dijawab oleh siswa akan semakin membuktikan hasil keefektifan permainan tradisional engklek yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia


Keywords


Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media Pembelajaran, Permainan Tradisional, Engklek Edukatif.

Full Text:

PDF

References


William, J.H.(2019).Employye engagement: Improving participation in safety.Professional Safety ,53(12),40-45.

Sudjana , Nana dan Ahmad Rivai. 2002. MediaPengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Devi Nurfitasari, Meilani Alvindha Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.