Aplikasi pergi wisata sebagai media pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar Pilangbango Kota Madiun

Elvi Marsiani, Dewi Tryanasari, Pinkan Amita

Abstract


Tujuan penelitian Aplikasi Pergi Wisata sebagai media pembelajaran tematik integratif di SD Pilangbango Kota Madiun adalah untuk mendeskripsikan kegunaan dan hambatannya. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena penggunaan aplikasi Pergi Wisata sebagai media pembelajaran tematik integratif di SDN Pilangbango Kota Madiun. Penelitian dengan teknik snowball sampling yang memanfaatkan sumber data dari wawancara dengan pihak terkait dan dokumentasi dari aplikasi Pergi Wisata Mengenai pemanfaatan dan  hambatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan aplikasi Pergi Wisata yang belum optimal dalam pemanfaatannya karena masih terdapat kendala yang belum terselesaikan. Kendala tersebut berasal dari luar dan dalam yang dipicu karena kurangnya fitur aplikasi dan penggunanya yang mengalami masalah jaringan, kurangnya media dan dukungan dari pihak terkait. Didukung dengan dokumentasi dari aplikasi, penggunaan aplikasi Pergi Wisata secara umum belum optimal dalam pembelajaran tematik integratif dan progres pengunjung untuk mengakses aplikasi juga masih rendah. Kesimpulan dari penelitian penerapan Pergi Wisata sebagai media pembelajaran tematik di SD Pilangbango belum optimal.


Keywords


Aplikasi Pergi Wisata, Media, Pembelajaran Tematik.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Barizi, Pendidikan Intregratif, Malang: Uin-Maliki Press, 2011.

Ahmad Farid Dan Hamidullah Ibda, Media Literasi Sekolah(Teori Dan Praktek, Semarang: Cv Pilar Nusantara, 2018

Angkowo, Robertus Dan A. Kosasih, Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Pt Grasindo, 2007.

Batubara Dan Husein Hamdan. “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Disekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin”. Jpsd Vol. 4 No. 01, 2017..

Fadjrul Hakam Chozin, Cara Mudah Menulis Karya Tulis Ilmiah, Surabaya: Alpa,1997.

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Gambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan. Nomer 5, Volume 1. 989-992.

Pusat Penelitian Dan Pengembangan Aplikasi Informatika Dan Informasi, Survey Penggunaan Tik Tahun 2017, Jakarta : Komunikasi Publik Badan Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, 2017.

Qory Qurratun A‟yuni, Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital Pada Remaja Smp, Sma Dan Mahasiswa Di Kota Surabaya), 135 Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya, 2017.

Kemendikbud. (2017a). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhammad, Yaumi. Buku Daras Desain Pembelajaran Efektif, Makassar: Alauddin Universitas Press, 2012

Saifudddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Siti Sholikha, Profil Literasi Digital Siswa Terhadap Media Pembelajaran Matur Suwon (Mathematics Adventure Of Super Wonder) Pada Materi Aritmatika Sosial, Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ipa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Stefany, Stella Dkk, “Literasi Digital Dan Pembukaan Diri”, Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi Universitas Padjadjaran, Vol. 2, No. 1, 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elvi Marsiani, Dewi Tryanasari, Pinkan Amita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.