Proses pembelajaran blended learning pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar

Sholikhatul Wakhidiyah, Apri Kartikasari HS, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran blended learning pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar, di fokuskan pada aspek proses pembelajaran blended learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning merupakan model pembelajaran terbaik yang bisa dilakukan disaat masa pandemi, karena bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Untuk jadwal pembelajaran, blended learning ini bersifat mengurangi pembelajaran offline, maka dalam seminggu sekolah menghendaki hanya dua kali saja melakukan kegiatan pembelajaran offline, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran blended learning merupakan solusi inovasi pembelajaran yang efektif dilakukan pada masa pandemi Covid-19, terbukti dengan meningkatnya hasil evaluasi belajara siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran blended learning. Proses penerapan pembelajaran blended learning yang dilaksanakan sekolah tersebut sudah mengikuti tahapan pembelajaran blended learning sesuai dengan sintaks pada pembelajaran blended learning, yaitu seeking of information, acquistion of information, dan shyntesizing of knowledge. Serta guru menyusun langkah kegiatan pembelajaran dengan sistematis dan teratur.


Keywords


Pembelajaran, Blended Learning, Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Walib. (2018). Model Blended learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1).

Dalifa, et al. (2021). Edukasi Covid-19 dan Social Distancing Kepada Kelompok Warga Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Surabaya Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. Volume 19 Nomor 1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmaraflesia/article/view/13768/8110

Hendarita. Y. (2018) Model Pembelajaran Blended learning dengan media blog. https://sibatik.kemendikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_3.pdf

Istiningsih & Hasbullah. (2015). Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1).

Munir. (2017). Pembelajaran Digital . Bandung: Alfabeta

Onta, M. R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta

Suciati, D.I. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’Arif Mayak. Institut Agama Islam Negri Ponorogo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sholikhatul Wakhidiyah, Apri Kartikasari HS, Dewi Tryanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.