Konflik Interpersonal Pecandu Game Online Pada Siswa di SMAN 1 Sampung Kabupaten Ponorogo Tahun ajaran 2021/2022

Krisna Hadi Syahputra, Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi

Abstract


Konflik interpersonal pada sekolah dapat disebabkan oleh perilaku yang tidak sesuai saat bermain game dan menimbulkan konflik antar siswa satu dengan siswa lainnya. Siswa yang sangat serius bermain game online selalu ingin meraih kemenangan dan ada siswa yang hanya sekedar bermain game online hanya untuk mengisi waktu luang, sehingga disitulah antar siswa bisa terjadinya konflik interpersonal yang berbeda tujuan, nilai dan sikap.  Kejadian konflik interpersonal pecandu game online ini dapat ditemui pada remaja SMA.  Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui persepsi siswa pecandu game online, mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya konflik interpersonal pada siswa dan mengetahui konflik interpersonal yang dialami oleh pecandu game online pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa ketiga siswa SMA N 1 Sampung merupakan siswa yang tergolong dalam pecandu game online siswa tersebut mengalami konflik interpersonal pada saat bermain game online. Berdasarkan hasil wawancara subjek memberikan pandangan mengenai konflik interpersonal saat bermain game online. Faktor penyebab konflik interpersonal karena adanya perbedaan tujuan. Deskripsi konflik interpersonal pecandu game online sering terjadi antara siswa dengan teman atau siswa dengan keluarga dengan sikap marah dan berkata kotor serta melakukan kekerasan yang menyimpang apabila kalah dalam permainan game online.


Keywords


konflik interpersonal pecandu game online

Full Text:

PDF

References


Febriandari, Annis, Rahmalia. 2016. Hubungan Bermain Game online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa 4, Volume 4 Nomor 1, Hal 45-50

Nurdilla, N. 2018. Hubungan Kecanduan Game online Dengan Kualitas Tidur Remaja. Malang: Universitas Brawijaya

Wirawan (2016) Konflik dan Manajemen Konflik. Jakarta: Salemba Humanika

Pratiwi, Erliana. 2017. Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game online.Skripsi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Yusuf, A., Krisnana, I. and Ibrahim, A., 2019. Hubungan Kecanduan Game

Online dengan Komunikasi Interpersonal dan Interaksi Sosial Remaja. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 1(2) Hal: 71-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Krisna Hadi Syahputra, Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.