Bentuk perilaku agresi pada siswa laki-laki akibat intensitas menonton tayangan kekerasan dalam anime (studi kasus di SD Negeri Balerejo Kabupaten Magetan)

Shelia Esti Kusuma, Silvia Yula Wardani, Beny Dwi Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku agresi pada siswa laki-laki di SD Negeri Balerejo yang terjadi akibat intensitas menonton tayangan kekerasan dalam anime. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data di lapangan diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 3 siswa laki-laki kelas V SD Negeri Balerejo Kabupaten Magetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas siswa laki-laki dalam menonton tayangan kekerasan dalam anime yaitu tinggi, sedangkan perilaku agresi yang dilakukan berupa agresi verbal seperti mengejek, mengolok-olok, berkata kasar, dan agresi fisik seperti menendang, memukul, hingga berkelahi. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa intensitas menonton tayangan kekerasan dalam anime dapat memicu siswa laki-laki melakukan perilaku agresi baik secara verbal maupun fisik.

Keywords


Perilaku Agresi, Tayangan Kekerasan, Anime

Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2014). Anime dan Presepsi Budaya Kekerasan pada Anak Usia Sekolah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(2), 119–130.

Elly, M. K., & Astrella, N. B. (2016). TAYANGAN KARTUN LAGA DI TELEVISI DENGAN AGRESIVITAS SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Psikologi, 3(2), 69–75.

Fikri, I. (2013). INTENSITAS MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DAN KECENDERUNGAN AGRESIVITAS PADA REMAJA (Studi Pada Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Bangil). Psikologia, 2(1).

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif.

Kholifah. (2017). Dampak Tayangan Televisi Terhadap Terjadinya Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat II, 2, 145–156.

Mulyadi, S., Rahardjo, W., Asmarany, A. I., & Pranandari, K. (2016). Psikologi Sosial.

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28–32. https://doi.org/10.23916/08416011

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shelia Esti Kusuma, Silvia Yula Wardani, Beny Dwi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.