Pengaruh sekolah dalam membangun karakter demokratis siswa kelas XI SMAN 1 Karangjati tahun ajaran 2021-2022 Kabupaten Ngawi

Bagus Pramuji Kurniawan, Nuswantari Nuswantari, Yohannes Widhiastanto

Abstract


Pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mesosialisasikan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan sekolah dalam membangun karakter demokrasi siswa kelas XI SMAN 1 Karangjati tahun ajaran 2021-2022 kabupaten ngawi. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling yaitu informan 25 siswa yang diambil 5 siswa dari 5 kelas XI A sampai XI E sehingga terdiri 8 siswa berprestasi tinggi, 8 berprestasi sedang, 7 berprestasi rendah. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tes dan wawancara digunakan sebagai tenik pengumpulan data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan sekolah dalam membangun karakter demokratis siswa kelas XI SMAN 1 Karangjati tahun ajaran 2021-2022 kabupaten ngawi cukup berhasil dan tergolong baik. Hal ini dikarenakan siswa siswa kelas XI SMAN 1 Krangkati, Kabupaten Ngawi mampu menerapkan kepribadian berkarakter demokratis di lingkup sekolah antara lain: tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, memahami sistem pemilihan ketua kelas dan pengurus kelas secara demokratis, memahami setiap keputusan pada musyawarah mufakat, serta mampu mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif. Walaupun terdapat siswa dengan prestasi rendah yang kurang memahami terkait model model pembalajaran dialogis dan interaktif dalam implementasi di pembelajaran. Akan tetapi peran sekolah dalam membangun karakter demokratis pada siswa kelas XI di SMAN 1 Krangjati, Kabupaten Ngawi terkategori cukup baik.


Keywords


peranan sekolah; membangun; karakter demokratis

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan dkk.2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Kasijan. (2014). Psikologi0Pendidikan. Surabaya : P.T Bina0Ilmu. Khazeh

Kesuma. (2012). Pendidikan0Karakter0Kajian Teori0dan Praktik0di Sekolah. Bandung: PT Remaja0Rosdakarya

Mukhlison. (2008). Ilmu0Pendidikan. Stain ponorogo0press ponorogo : Ponorogo

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter0Refleksi Untuk Pendidikan, Jakarta: Grafindo. Persada

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi0Pendidikan Karakter0Wawasan, Strategi, dan Langkah.0Praktis. Jakarta: Erlangga

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran0Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja

Wibowo, A. (2012). Pendidikan0Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bagus Pramuji Kurniawan, Nuswantari Nuswantari, Yohannes Widhiastanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.