Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi siswa sekolah menengah pertama di kota madiun pada pembelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Madiun yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar observasi dan angket kemampuan 4C. Teknik pengambilan data menggunakan oservasi dan angket. Hasil penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang berkategori rendah 8% dan tinggi hanya 20% selebihnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori sedang sebanyak 72%. Pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang berkategori rendah ada 0% rendah, 88% sedang dan 12% tinggi. Pada kemampuan komunikasi yang berada pada kategori rendah ada 12%, sedang 48% dan tinggi 40%. Pada kemampuan kolaborasi siswa berada di kategori rendah ada sebanyak 8% , sedang 52% dan tinggi ada 40%. Hal ini menunjukan bahwa pada setiap kemampuan pada kemampuan 4C berada pada kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayun, Q. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 271–290. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.286
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Habibullah, H., & Nuri, B. (2017). Pembelajaran matematika di era Milenium Ke-3. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, January 2017, 329–334. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-49.pdf
Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi statistika. 1(6), 1095–1104.
Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103–122. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.
Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.
NEA. (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society : An Educator’s Guide to The “Four Cs.” National Education Association.
Nurhayanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3, 155–158.
Nurmeidina, R., Ariyanti, I., & Lestari, F. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HABITS OF MIND SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN DARING Pendidikan Matematika , Universitas Muhammadiyah Banjarmasin , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang penting un. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 144–158. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4283
Osman, K., Hiong, L. C., & Vebrianto, R. (2013). 21st Century Biology: An Interdisciplinary Approach of Biology, Technology, Engineering and Mathematics Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 102(Ifee 2012), 188–194. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.732
Saifuddin Azwar. (2007). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Salim, K. (2014). Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan. University Teknologi Malaysia, January, 1–11. https://www.researchgate.net/publication/271205216
Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44.
Santos, L., & Semana, S. (2015). Developing mathematics written communication through expository writing supported by assessment strategies. Educational Studies in Mathematics, 88(1), 65–87. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9557-z
Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). Student Difficulties In Solving Mathematics Questions Based On Mathematical Logic Intelligence During The Covid-19 Pandemic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1848-1859.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning. In Journal of Sustainable Development Education and Research (Vol. 2, Issue 1).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rahma Fadhila Nuriya Fachmi, Edy Suprapto, Davi Apriandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.