Pengembangan Liveworksheet Terintegrasi Pendekatan STEM pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok

Pebriani Rahmawati, Fatriya Adamura, Davi Apriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM. Pengembangan ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Development Research) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Madiun pada bulan Juni 2022. Penelitian ini menggunakan subyek kelas VIII dengan jumlah 5 peserta didik pada uji coba terbatas. Hasil penelitian adalah 1) Liveworksheet terintegrasi STEM dinyatakan valid dengan penilaian dari validator ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 83,85%, 2) Liveworksheet terintegrasi STEM dinyatakan sangat praktis diperoleh dari angket respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan persentase sebesar 88,33%, 3) Liveworksheet terintegrasi STEM dinyatakan efektif diperoleh dari persentase ketuntasan belajar sebesar 80%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut Liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Liveworksheet, STEM, Bangun ruang kubus dan balok

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Aldila, C., Abdurrahman, A., & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 138491.

Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 653–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702

Gustiani, I., Widodo, A., & Suwarma, I. R. (2017). Development and Validation of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Based Instructional Material. AIP Conference Proceedings, 1848(May). https://doi.org/10.1063/1.4983969

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345

Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Kelas XI SMK. 1(85), 138–146. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PSNPM/article/viewFile/625/596


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pebriani Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.