Pengembangan Modul Digital Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yaitu modul digital berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu : 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas IX A SMP Negeri 1 Geger. Teknik pengumpulan data dengan angket validasi media dari ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini adalah modul digital yang dikembangkan dinyatakan valid dengan presentase 86,5%, kepraktisan 70% dan keefektifan 50%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Anwar Holid (ed.);II). PT. Remaja Rosdakarya.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. EDUCATION JOURNAL, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dezricha Fannie, R., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.
Handayani, T. L., Sugianto, & Susanto, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Pop-Up dan Smash Book Materi Sifat Cahaya Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 8–15.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar Segi Empat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.
Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Erhnomathematics Magistter Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Nommensen, 58–62.
Nurmaya, R., Herawati, R., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129.
Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI SMK. Prima Magistra : Jurnal IlmiahKependidikan, 1(85), 138–146.
R., S. S., & Praherdhiono, H. (2017). Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 110–124.
Rohmaini, L., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatetika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema : Teori Dan Riset Matenmatika, 5(2), 176–186.
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581–584. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21112
Sudianto, & Santoso, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Pembuatan Motif Batik Khas Kabupaten Majalengka. Jurna Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 2941–2949.
Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). Student Difficulties In Solving Mathematics Questions Based On Mathematical Logic Intelligence During The Covid-19 Pandemic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1848-1859.
Trianto. (2012). Mendesain Modul Pembelajaran Inovatif-Progresif (5 ed.). Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anggi Eka Wardani, Titin Masfingatin, Swati Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.