Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di SD Negeri Gading Kulon II Kabupaten Probolinggo

Faridahtul Jannah, Shofia Hattarina, Adelia Anggraini Lestari, Nabila Maulidya, Alfina Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aktivasi literasi GLS di SD NEGERI GADING KULON II KABUPATEN PROBOLINGGO yang meliputi (1) Proses pelaksanaan, (2) kegiatan literasi siswa, (3) kegiatan literasi sekolah, (4 ) faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, staf perpustakaan di SD Negeri GADING KULON II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan aktivasi Literasi Sekolah di SD Negeri GADIG KULON II sudah mencapai tahap pembelajaran, walaupun pada tahap ini belum optimal. Kegiatan literasi siswa yang diterapkan terdapat berbagai macam literasi yang mendukung pelaksanaan Pengaktifan Literasi Sekolah GADING KULON II sebagai literasi dasar, literasi media, teknologi, perpustakaan dan visual. Kegiatan Literasi Sekolah mendukung pelaksanaan pengaktifan GLS di SD Negeri GADING KULON II dimana sekolah memaksimalkan pemanfaatan lingkungan fisik, sosial dan afektif serta lingkungan akademik yang mendukung pelaksanaan GLS. Sedangkan hasil penelitian bahwa faktor pendukung terdiri dari kebutuhan sekolah yang sudah memenuhi tuntutan standar nasional pendidikan, pemanfaatan sarana prasarana sekolah dengan baik, perangkat pelatihan sekolah dilakukan secara berkala, pengelolaan perpustakaan sekolah dengan baik, dan adanya monitoring dan evaluasi pelaksanaan. Aktivasi Literasi Sekolah I di SD Negeri GADING KULON II. Sedangkan faktor penghambat Gerakan Literasi Sekolah yaitu, tidak adanya target jumlah buku yang harus dibaca dan kurangnya keterlibatan orang tua sebagai agen untuk melanjutkan kegiatan literasi siswa di rumah.

Keywords


School Literacy activation, reading, state elementary school GADING KULON II

Full Text:

PDF

References


Aisami, R. S. (2015). Learning styles and visual literacy for learning and performance. Social and Behavioral Science, 176, 538-545.

Olga S. Dvorghets & Shaturnaya, Y. A. (2015). Developing Students' Media Literacy in the English Language Teaching Context. Social and Behavioral Sciences, 200, 192-198.

Pangesti Wiedarti, K. L. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pangesti Wiedarti, K. L. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. (n.d.).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013. (n.d.).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2006 Nomor 22. (n.d.).

Pratiwi. (2016). Merayakan Literasi di Sekolah. Prosiding: Universitas Negeri Surabaya.

Sodiq, S. (2010). Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Literasi. Disertasi: Universitas Negeri Surabaya.

Subandiyah, H. (2016). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Surabaya, 111 (2), 111-123.

Suyono. (2015). Pembelajaran Efektif Dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Sastra Indonesia Fak. Sastra Universitas Negeri Malang, 37 (2), 203-217.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Faridahtul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.