Kesiapan Pembelajaran E-Learning Akuntansi Perusahaan Dagang SMAN 1 Dolopo Di Era Digital

Melina Fahrin Azizi, Liana Vivin Wihartanti, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pembelajaran e-learning pada materi akuntansi perusahaan dagang di SMAN 1 Dolopo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik Pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan kesiapan pembelajaran           e-learning pada materi akuntansi perusahaan dagang sekolah sudah siap. Hal ini  ditunjukan dengan terpenuhinya aspek kesiapan yang meliputi: 1) kesiapan guru dengan dibekali pelatihan dan bisa menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran, 2) kesiapan peserta didik memiliki teknologi handphone serta laptop, 3) adanya fasilitas infrasktruktur meliputi laboratorium komputer, wifi, serta server, 4) adanya dukungan manajemen sekolah di awal penggunaan e-learning dilakukan pelatihan di dukung tim IT kepala sekolah dan visi misi yang selaras, 5) adanya budaya sopan santun kerjasama gotong royong dan saling membantu dan, 6) kecenderungan tatap muka dengan blanded learning.


Keywords


E-learning, Era Digital, Kesiapan, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Altania, E., & Sungkono. (2021). Pelaksanaan Moodle di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 11 IPA. Epistema, 2(2), 59–67. https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.43251

Djabba, R., Muslimin, & Sulfiana. (2020). Analisis Kesiapan dan Proses Pembelajaran E-learning pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SPF SDN 53 Lajarella Kabupaten Soppeng Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX(XX), 1–5.

Febriati, F., Nurhikmah, & Monoarfa, M. (2021). Tingkat Kesiapan Infrastruktur terhadap Penggunaan SYAM-OK di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNM.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Seni Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Online (E-Learning & Mobile Learning. Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(2), 150–164.

Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 149–154.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 53–68.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1650, 1–12. http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud119-2014PJJ-Dikdasmen.pdf

Priantara, A., Nur, N. A., & Nayono, S. E. (2020). Kesiapan Dan Strategi Smk Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Online: Studi Kasus Di Smk Negeri Magelang. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 149–158. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36349

Rihiantoro, tori, & Darmawan, Aulia, A. (2017). Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Mobilisasi Dini Pasien Post Operasi Laparatomi. Keperawatan, XIII(1), 110–117.

Rusman. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: CV Alfabeta.

Saekow, A. (2018). E-learning Readiness of Thailand’s UniversitiesComparing to the USA’s Cases. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, January 2018. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2011.v1.20

Sagita, M., & Khairunnisa. (2019). Pemanfatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0 ultilazation of e-learning for educatiom in digital era 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 1–7.

Sastriani. (2018). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital (Studi di MTsN Wawotobi, Kabupaten Konawe). Shautut Tarbiyah Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama, 38, 1–18.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Takdir, N., Loho, A., & Logo, A. (2021). Kesiapan belajar mahasiswa program studi agronomi menghadapi digitalisasi pendidikan. Jurnal Holan, 1(1), 20–25.

Wagei, O. T., Karwur, H. M., & Ramadhan, M. I. (2021). Analisis Kesiapan Penerapan Pembelajaran E-Learning Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 Kumelembuai. GEOGRAPHIA : Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.53682/gjppg.v2i2.1391


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Melina Fahrin Azizi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.