Peningkatan Pemahaman Rumus Luas Segitiga Mealui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Siswa Kelas VII D MTs Negeri Kota Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022

Fariz Nur Hamzah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pemahaman rumus luas segitiga dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning sebagai suatu upaya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran.

PTK ini dilaksanakan dngan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan secara tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa tentang rumus luas bangun segitiga meningkat setelah pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning. (2) siswa sangat antusias dalam menemukan rumus luas bangun segitiga dalam kerja kelompok, terlihat dengan adanya peningkatan dari nilai cukup (72,18) pada siklus I menjadi sangat baik (82,81) pada siklus II. (3) Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan dengan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 37,5% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II.

Berdasarkan nilai yang diperolehsiswa dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat digunakan pada Penelitan tindakan kelas.


Keywords


Pemahaman, Rumus, Luas Bangun Segitiga, Model Discovery Learning, Siswa, MTsN Kota Madiun , Kelas VII D.

Full Text:

PDF

References


Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.

Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). Student Difficulties In Solving Mathematics Questions Based On Mathematical Logic Intelligence During The Covid-19 Pandemic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1848-1859.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fariz Nur Hamzah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.