Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini dalah mengkaji lebih mendalam mengenai struktur kurikulum merdeka belajar dan implementasinya di lembaga pendidikan. Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan berbagai jenis sumber baik dari buku, artikel ilmiah dari berbagai jurnal untuk mencari teori dan data-data yang mendukung. Penelitian ini adalah juga merupakan hasil ekstraksi dari asistensi mahasiswa dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD. Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di S1 Universitas Panca Marga dengan jenis kegiatan penelitian dosen bersama mahasiswa dalam bidang pendidikan. Ada tiga hal kunci yang melandasi strategi implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu Kurikulum merdeka adalah pilihan, implementasi kurikulum adalah proses belajar, dan dukungan implementasi kurikulum dilakukan secara komprehensif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Hafid, Sudarto, dkk.2021. “Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA”, dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”, ISBN: 978- 623-387-014-6
Ayu Tiwikrama, Sri, dkk. 2021. “Merdeka Belajar Dari Rumah: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lokalitas Dimasa Pandemi Covid-19”, dalam Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 34, Volume 9 No. 1. ISSN: 2355-8679.
Doddy. 2022. Solusi Inovasi Pembelajaran di Daerah 3T, Ditjen Diktiristek Siapkan Mobil PJJ Kampus Merdeka dan Mobil Vaksinasi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/solusi-inovasi- pembelajaran-di-daerah-3t-ditjen-diktiristek-siapkan-mobil-pjj-kampus- merdeka-dan-mobil-vaksinasi/ , diakses 5 Juni 2022 pukul 16.06 WIB.
Iskandar, Harris. 2020. Seminar Strategi Implementasi Merdeka Belajar Jenjang PAUD, Dikdas dan Dikmen. Di Universitas negeri Jakarta.
Hewi, La. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini)”, dalam Jurnal l Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1. Hal. 30-41 E-ISSN: 2549-7367.
Kemendikbudristek. 2022. Pemulihan Pembelajaran: Waktunya untuk Bertindak, dalam INOVASI, https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1- gtk/kebijakan/20210926_Policy_Brief_-
_Learning_Recovery_Time_for_Action_(IND)_OK_(1).pdf , diakses 5 Juni 2022 pukul 16.46 WIB.
Kemendikbudristek. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ , Diakses pada tanggal 5 Juni 2022 pukul 19.11 WIB.
KMA nomor 347. 2022. Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
Nadiroh, dkk. 2020. Merdeka Belajar dalam Mencapai Indonesia Maju 2045.
Jakarta Timur: UNJ Press.
Nurdyansyah. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Sidoarjo: Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Nur Ika Trisnawati, Septian. 2022. Kurikulum Prototipe sebagai Opsi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Tahta Media Group.
Nurminah Saragih, Elianti. 2021. Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar.
Yogyakarta: Deepublish.
Smeru Research Institut. 2022. Peningkatan Keterampilan Digital bagi Indonesia. https://smeru.or.id/id/research-id/peningkatan-keterampilan-digital-bagi- indonesia , diakses 5 Juni 2022 pukul 16.30 WIB.
Sudarma, Momon. 2021. Merdeka Belajar: Menjadi Manusia Otentik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Widiyono, Aan, dkk. 2021. “Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Metodik Didaktik, Vol 16 No 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Shofia Hattarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.