Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kedopok 2 Kota Probolinggo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kedopok 2 dalam pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe picture and picture. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model kooperatif tipe picture and picture menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD Negeri Kedopok 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 20 dengan kriteria baik, Siklus II dengan skor 27 dengan kriteria baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 12 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh skor 18 dengan kriteria baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 31% dan siklus I pertemuan II 62%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 72% dan siklus II pertemuan II sebesar 83%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Azis Wahab. 2008. Pembelajaran Picture and Picture.
Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. JPSD. 3 (1), 42-52.
Arikunto,Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Anitah, Sri dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Anwar & Hendra. 2011. Hasil Belajar. Bandung : Alfabeta
Lif Khoiru Ahmadani .2012. Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar.
Ngongo, Khristoforus Palli dan Abdul Gafur. 2017. Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) denganKeterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4, (1). 101-112.
Permatasari, Norhayati Endah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD.3 (2). 96-104
Rahmat, Fauzi. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII D Tahun Pelajaran 2 011/2012, Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 3, No. 3.
Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD,3 (1).
Rianto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sakinah, Nur dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 2, Number 3.
Saleh, Nuraini. 2012. Penerapan Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 27.
Sugandi, Achmad dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sulfeni, Wahyu Bagja. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD Vol.4 No.2.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tri Anni, Catharina dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Wardani, IGAK. 2014. PenelitianTindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Windiyani, Tustiyana dkk. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran
Windiyani, Tustiyana dkk. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.