Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika
Abstract
Dalam penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui analisis pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan berkaitan pembelajaran Matematika/Tema Matematika. Subyeknya ialah guru dan Kepala Sekolah SDN Tanjungsari. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan observasi. Sedang tehnik analisis datanya ialah tehnik analisis data model M. B.Miles & A. M. Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua Program Merdeka Belajar telah terimplementasikan secara umum, sedangkan yang terimplikasikan berkaitan pembelajaran Matematika/Tema Matematika, yaitu Program Kampus Merdeka, Revitalisasi Pendidikan Vokasi, dan Guru Penggerak. Kesimpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari dalam kaitannya dengan pembelajaran Matematika /Tema Matematika meliputi: pelaksanaan Kampus Merdeka, Revitalisasi Pendidikan Vokasi, dan Guru Penggerak. Pada Program Kampus Merdeka, guru menggunakan masalah konstektual sebagai sarana belajar Matematika/Tema Matematika sesuai Pendidikan di era digital ini selain Ruang Kelas. Pada Program Revitalisasi Pendidikan Vokasi, guru lebih mengutamakan praktek. Pada Program Guru Penggerak, guru selalu memotivasi dan menyenangkan peserta didik dalam pembelajaran Matematika /Tema Matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.
Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). Student Difficulties In Solving Mathematics Questions Based On Mathematical Logic Intelligence During The Covid-19 Pandemic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1848-1859.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muszairon Fatoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.