Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika

Muszairon Fatoni

Abstract


Dalam penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui analisis pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan berkaitan pembelajaran Matematika/Tema Matematika. Subyeknya ialah guru dan Kepala Sekolah SDN Tanjungsari. Tehnik pengumpulan data dengan  wawancara, angket dan observasi. Sedang tehnik analisis datanya ialah tehnik analisis data model M. B.Miles & A. M. Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua Program Merdeka Belajar telah terimplementasikan secara umum, sedangkan yang terimplikasikan  berkaitan  pembelajaran  Matematika/Tema  Matematika, yaitu  Program  Kampus Merdeka, Revitalisasi Pendidikan Vokasi, dan Guru Penggerak. Kesimpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari dalam kaitannya dengan pembelajaran Matematika /Tema Matematika meliputi: pelaksanaan Kampus Merdeka, Revitalisasi Pendidikan Vokasi, dan Guru Penggerak. Pada Program Kampus Merdeka, guru menggunakan masalah konstektual sebagai sarana belajar Matematika/Tema Matematika sesuai Pendidikan di era digital ini selain Ruang Kelas. Pada Program Revitalisasi Pendidikan Vokasi, guru lebih mengutamakan praktek. Pada Program Guru Penggerak, guru selalu memotivasi  dan menyenangkan peserta didik dalam pembelajaran Matematika /Tema Matematika.


Keywords


Program Merdeka Belajar, SDN Tanjungsari, Pembelajaran Matematika/Tema Matematika

Full Text:

PDF

References


Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.

Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). Student Difficulties In Solving Mathematics Questions Based On Mathematical Logic Intelligence During The Covid-19 Pandemic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1848-1859.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muszairon Fatoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.