Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V SDN 060833 Medan

Yuni Putri Nainggolan, Ester Julinda Simarmata, Antonius Remigius Abi, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Treffinger pada subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di kelas V SDN 060833 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 060833 Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Peristiwa dalam Kehidupan dengan Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pembelajaran 1 dan pembelajaran 3 dikelas V SDN 060833 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 13 orang siswa atau 43,33% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 orang siswa atau 56,67%  dengan nilai rata-rata 62,93 Pada siklus II yaitu siswa yang dapat nilai tuntas sebanyak 25 orang siswa atau 83,33%sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 5 orang siswa atau 16,67% dengan nilai rata-rata 80,13. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model Treffinger  hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V SDN 060833 Medan.


Keywords


Hasil Belajar, Model Treffinger.

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). Belajar Dan Pembelajran (Jalal (ed.)). CV. Cahaya BintangG Cemerlang Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo BTN Indira Residence Blok E No. 10 Sungguminasa Kab. Gowa

Afandi, M. (2011). Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum.

Amry, Z., & Badriah, L. (2018). Pembelajaran tematik sebagai upaya meningkatkan keaktifan peserta didik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 254–270.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT.Rineka Cipta, Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Blok. B NO. 1-2 Jl.Matraman Raya No.148 13150.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner by Asrori (z-lib.org). Penerbit CV. Pena Persada , Jl. Gerilya No. 292 Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah.

Anzelina, D. (2015). PENERAPAN METODE UTANG (ULAR TANGGA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERINO 101731 KAMPUNG LALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. 0–15.

Darminto, B. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 101–107. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2476

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (ed.)). CV. Kaaffah Larning Center Kompleks Griya Bumi Harapan Permai B44 Jalan Syamsu Alam Bulu, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, S. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Fiyanto, A., & Ulfah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Model Treffinger Pada Kelas V Sd Muhammadiyah Ambarketawang 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 9. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.65

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Guru Kita, 3(4), 342–348. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/15079

Haris,Abdul,Jihad, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Huda, M. (2017). Model-Model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Hunaepi, T, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori Dan Praktik. https://book4you.org/book/11521982/3bc972

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Abdussalarn & Siddik (eds.)). Medan: Media Persada.

Istarani, P. (2020). Ensiklopedia Pendidikan (Sembiring & Ridwan (eds.)). LARISPA.

Kadir.Abd. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers 2015. xii, 210 hlm., 23 cm.

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.19

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Nabillah, T., & Abadi, A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Nursyaidah. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. Forum Paedagogik .Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2721–8414), 70–79.

Pramana, M., & Wibowo, B. K. (2020). Prinsip-prinsip belajar dan konsep perkembangan tingkah laku manusia. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 2, 1–11. http://jurnal.stia-asmisolo.ac.id/index.php/jmbb/article/view/89

Prihartini, E. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Romita. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Mts Hasanah. Pekanbaru:Jurnal Online, 8.

Rosiyanti, H., & Wijayanti, E. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 37–44. jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1636

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sahputra, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divions (STAD) Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kenampakan Alam Dan Budaya Di Kelas IV SD Negeri 055988 Gunung Ambat Tahun Pembelajaran 2017/2. Jurnal Ilmiah Aquinas Terbit, 1(1), 22–43.

Sari, N. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar Application Treffinger Model with Audio Visual Media to Increase Activity and Stu. Sainsmat, V(2), 167–174.

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Simarmata, E. J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajarsiswa pada mata pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) Di Kelas V SDN 060959 Belawan Ester. 7, 357.

Sitiowati, Y., Abi, A. R., Silaban, P. J., Gaol, R. L., Katolik, U., & Thomas, S. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Sd Negeri 173418 Pollung. Educatio FKIP UNMA, 6(2), 369–374.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Alfabeta, CV. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Suwardi, R. . (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian. Jurna Juril AMIK MBP, 4(1), 68–79.

Tampubolon, K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal kaupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, II(1), 22–43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuni Putri Nainggolan, Ester Julinda Simarmata, Antonius Remigius Abi, Patri Janson Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.