Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 060833 Medan Petisah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2021/2022. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yakni pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari pengujian korelasi dapat di lihat pada koefisien korelasi sebesar 0,620 ≥ 0,349 maka dapat disimpulkan hipotesis altervative ( ) diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 060833 Medan Petisah. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana ≥ yaitu sebesar 4,325 dan sebesar 2,042 , maka hipotesis (diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang singnifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar matematika pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.
Adawiah.R. (2017). Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 129–145. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i1.755
Adnan, M. (2020). Mengenal Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak. CENDEKIA :JurnalStudiKeislaman,5(2). ttps://doi.org/10.37348/cendekia.v5i2.80
Afifah, M. D., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2019). Hubungan Perhatian Orang Tua Dalam Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(Iii), 218–228.
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). HaryantoAtmowardoyo Dr. NurhikmahH.S.Pd., M.Pd.
Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode Utang (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negerino 101731. 0–15.
Arikunto. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: PTBRINEKA CIPTA.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner by Asrori (z-lib.org). jawa tengah :CV. PENA PERSADA.
Diah Fitasari, N. P., Suniasih, N. W., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313
Firmansyah, D. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Hanum. U, Masturi, & Khamdun. (2022). Hanum. U Masturi Khamdun. 2(8), 2443–2450.
Hartati, R. (2022). SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 1, 39–44.
Ika Widhiasih, S. N. A. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2).
Ilahi, M. takdir. (2013). Quantum Parenting. Jogyakarta, Kata Hati.
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 5(1), 45. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387
Mulyadi, S., Basuki, A., & Rahardjo, W. (2018). PSIKOLOGI PENDIDIKAAN DENGAN PENDEKATAN TEORI TEORI BARU DALAM PSIKOLOGI. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Mustika.J. (2016). Modul Psikologi Pendidikan. lampung:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP KUMALA LAMPUNG METRO.
Ningrum, W. R. (2016). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/621
Nurjan.S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo:CV. WADE GROUP.
Pratini T, S., Sripatmi, S., Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 570–577. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.116
Saepuloh, Gunung, S., & Bandung, D. (2021). Pandemi Covid-19 Dan Keseimbangan Beban Pengasuhan Anak Dalam Perspektif Sosiologi Islam. Jurnal Education and Development, 9(3), 579–585. http:// journal. ipts. ac.id/ index. php/ ED/ article/ view/3033
Sari, A. S. P., & Sembiring, N. (2021). PELATIHAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BAGI SISWA SD DI KELURAHAN TUNGGURONO KOTA BINJAI. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 344–350
Setiawati, S. M. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Silaban, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.
Simarmata, E. J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (Ctl) Di Kelas V Sdn 060959 Belawan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 357–365. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8171
Dua Satroa Offset.
Sugiyono. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23–29. https:// doi.org/ 10. 36928 /jipd.v4i1.313
Susanti.(2021).JurnalAplikasiTeknologiPangan,4(1),2. http://www. ejurnal. its.ac.id/ index.php/sains_seni/article/view/10544%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=tawuran+antar+pelajar&btnG=%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jfca.2019.103237
Susanto, A. (2013). teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta : kencana prenada media group.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114.
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yohanna Sinurat, Patri Janson Silaban, Anna Stasya Prima Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.