Pengembangan Lembar Kerja Siswa(LKS) Berbasis Visualisasi dengan Geogebra Pada Pokok Bahasan Trgonometri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Cendekia Madiun

Tri Yanna, Darmadi Darmadi, Tri Andari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengetahui: (1)
kevalidan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan GeoGebra; (2)
kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan GeoGebra; (3)
keefektifan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan GeoGebra. Model
pengembangan dalam penelitian ini dilakukan sampai pada tahap 3-D yaitu tahap pendefinisian (define),
perancangan (design), dan pengembangan (development). Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMK
Cendekia Madiun. Hasil penelitian pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan
GeoGebra adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi
dengan GeoGebra dikatakan valid oleh kedua validator dengan memperoleh skor rata-rata 84,74% dari 100
skor maksimum 100%; (2) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan
GeoGebra dikatakan praktis dari angket respon siswa dengan nilai 4,09; (3) Pengembangan Lembar Kerja
Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan GeoGebra dikatakan efektif, karena skor total tes hasil belajar
siswa adalah 77,71 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Sehingga penelitian dengan menggunakan
Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis visualisasi dengan GeoGebra dapat dikatakan tuntas secara klasikal
karena telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75%. 


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handayani, I., Yuwono, I., & Madja, M. S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan

Komputer pada Materi Diagram Venn untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika

UM

Hidayanti., Utami. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Dengan Pendekatan

Saintifik Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk SMP Kelas VIII. Universitas

Negeri Malang

Indonesia, U.-U. R. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta.

Majid, A., & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Maiata. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakna Program Adibe Flash Berbasis Metakognisi Pada Materi Fungsi Invers Untuk Meningkatkan Motiasi SMK Cendekia Madiun

Tahun Ajaran 2017/2018. Madiun

Nurrokhmah, F. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan

Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi

Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP. Yogyakarta.

Saputro, A. T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Media Visual Basic.

Net 2008 pada Materi Lingkaran di Kelas VIIIB MTs. Negeri Krian Sidoarjo. Surabaya.

Suprapto,E., Apriandi,D. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Berorientasi

Character Building Pada Mata Kuliah Analisis Vektor. Universitas PGRI Madiun.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung:

ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.