Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ulang Jasa Pada Ekspedisi Kantor Pos Indonesia Di Kecamatan Jogorogo

Ellena Agesty Budiyani, Wikanso Wikanso, Yahya Reka Wirawan Reka Wirawan

Abstract


Penelitian ini, bermanfaat untuk: (1) memahami pengaruh,Brand Image terhadap keputusan untuk menggunakan kembali jasa ekspedisi Kantor Pos Indonesia di Kecamatan Jogorogo, (2) untuk menilai pengaruh Brand,Trust terhadap keputusan penggunaan ulang jasa ekspedisi Kantor Pos Indonesia di Kecamatan Jogorogo, (3) untuk mengevaluasi pengaruh,Kualitas Layanan terhadap keputusan,penggunaan ulang jasa ekspedisi Kantor Pos Indonesia di Kecamatan Jogorogo, dan (4) untuk mengidentifikasi pengaruh bersama-sama Brand Image, ,Brand Trust, ,dan Kualitas Layanan terhadap,keputusan penggunaan ulang jasa ekspedisi Kantor Pos Indonesia di Kecamatan Jogorogo. Penelitian ini masuk pada jenis penelitian kuantitatif memanfaatkan pendekatan kausal komparatif. Teknik dalam pengambilan sampel memanfaatkan jenis accidental sampling sehinga didapatkan sampel sejumlah 90 responden. Dalam penelitian ini, pengumpulan data melewati sebuah kuesioner serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis,regresi linear berganda, uji T uji F, serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menampilkan jika: (1) brand image (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap,keputusan penggunaan ulang (Y), (2) brand trust (X2) ,secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan ulang (Y), (3) kualitas layanan (X3) ,secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan ulang (Y), dan (4) secara bersama-sama, brand image (X1), brand trust (X2), dan kualitas layanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan ulang (Y). Secara keseluruhan, pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas layanan terhadap keputusan untuk menggunakan kembali jasa ekspedisi Kantor Pos Indonesia adalah sebesar 81,1%. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan jika variabel brand image, brand trust, dan kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap keputusan untuk menggunakan kembali jasa ekspedisi Kantor Pos Indonesia.

Keywords


Brand Image,Brand Trust, ,Kualitas Layanan, Keputusan Penggunaan Ulang

Full Text:

PDF

References


Baruno, A. D., & Puji Susanto, A. H. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan

Kepercayaan Konsumen Atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang

Produk Smartphone Samsung. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(1), 270–286.

https://doi.org/10.30741/adv.v2i1.291

Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas

Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen

Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ulang

Jasa Pada Ekspedisi Kantor Pos Indonesia Di Kecamatan Jogorogo (Ellena Agesty Budiyani)

Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 50–

https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253

Evita, N. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus

Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung Tahun 2017) the Influence

of Brand Image Toward Purchasing Decision (Study Case At Bakso Boedjangan

Burangrang Bandung in 2017). Proceeding of Applied Science, 3(2), 430.

Franklyn, A. K. J., & Cokki, C. (2021). Determinan Loyalitas Konsumen Situs Tokopedia

Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 893.

https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13430

Laoli, C. M. S., & Farida, N. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan

Customer Value Terhadap Repeat Purchase Intention (Studi Pada Konsumen

Sepatu Bata Di Kota Medan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1177–1189.

https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31528

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai

Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374.

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontempore. Alfabeta.

Purba, G. J., Srijani, N., & Wikanso, W. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Outlet Baso Aci Acila Di Gulun

Kota Madiun. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), 2(1), 171–178.

Putri, Srijani, & Wirawan. (2023). Pengaruh brand image dan e-wom terhadap loyalitas

pelanggan pada penggunaan aplikasi tiktok shop mahasiswa. Gulawentah: Jurnal

Studi Sosial, 8(1), 110–117. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i1.17376

Soebiagdo, S., & Ruliana, P. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Stikom Interstudi

terhadap Peningkatan Ekuitas Merek. InterKomunika, 2(2), 146.

https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.34

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota

Tangerang. Journal of Management Review, 4(1), 447–455.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27 ed.). Penerbit

Alfabeta.

Tore, R. (2020). PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME

PENJUALAN PADA ALFA STUDIO SEKAYU. Jurnal Manajemen Kompeten, 3(1),

–65.

Widjaja, W., & Wijayadne, D. R. (2023). Knowledge Hiding in Small Medium Enterprise

Owned by Family Business: The Role of Knowledge Complexity, Psychological

Ownership and Avoidance Motivation. Media Ekonomi dan Manajemen, 38(1), 15.

https://doi.org/10.56444/mem.v38i1.3030


Refbacks

  • There are currently no refbacks.