Institusi Pendidikan Sebagai Pilar Utama Pengembangan Human Capital Di Masa Mendatang

Raden Rara Kartika Dewi, Lilia Pasca Riani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran strategis institusi pendidikan dalam pengembangan human capital yang berdaya saing di masa mendatang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi literatur, mengumpulkan data sekunder dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa institusi pendidikan di indonesia masih perlu meningkatkan perannya dalam memenuhi kebutuhan pasar kerja, dengan banyak lulusan belum sepenuhnya siap menghadapi tuntuan pasar. Faktor-faktor kunci yang mempengaruhi kualitas pendidikan meliputi kualitas kurikulum, kompetensi tenaga pengajar, fasilitas pendidikan, serta kerjasama dengan industri perlu dikaji. Kebijakan pemerintah perlu terus dievaluasi dan ditingkatkan untuk mendukung pengembangan human capital yang siap di masa mendatang

Keywords


Human Capital, Institusi Pendidikan, Keterampilan, Pasar Kerja

Full Text:

PDF

References


Adriani, E. (2019). Pengukuran Modal Manusia (Suatu Studi Literatur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(1), 176. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.86

Agustang, A. (2021). Makalah “Masalah Pendidikan Di Indonesia.” Www.Melianikasim.Wordpress.Com, 0–19. https://meilanikasim.wordpress.com/2009/03/08/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia/

Agustini, A. A., & Tarigan, A. K. F. (2023). Pengembangan Human capital di Dunia Pendidikan. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 266–270. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.209

Aminuddin, A., Harahap, A. S., & Dawi, M. N. (2021). Sistem Finansial Pendidikan di Indonesia (Analisis Tentang Signifikansinya Terhadap Pengelolaan Human capital). Hikmah, 18(2), 119–130. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i2.125

Anizah, A., & Maretta, W. F. (2017). Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 97–105. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1157

Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di PesanAnsori, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32tren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50.

Arti, E. S., Widiarto, H., Endrawijaya, I., Kalbuana, N., & Anggraini, D. (2024). Analisa Kebutuhan Kompetensi Lulusan PPIC terhadap Perusahaan Penerbangan. 06(02), 13843–13851.

Avana, N., Nerita, S., Gistituati, N., Muhammadiyah, U., & Bungo, M. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi. 8(68), 322–338.

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Ihsan, R. Z., Handayani, S., & Handayani, M. N. (2018). Relevansi kurikulum program studi pendidikan teknologi agroindustri dengan kebutuhan dunia industri pangan. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Edufortech/Index, 3(1).

Koespiadi, K., Mudjanarko, S. W., & Kurniawan, F. (2015). Peningkatan Kualitas Kelulusan Pendidikan Tinggi Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Jasa Konstruksi Di Indonesia. Narotama, Jurnal Teknik Sipil, 1(2), 17–27.

Mahmud, F. K., Mirnawati, M., & Kusumastuti, D. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Khusus Kak Seto Kota Tangerang Selatan. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 23(2), 79–96. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v23i2.297

Mubarokah, L., Azizah, U. N., Riyanti, A., Nugroho, B. N., & Sandy, T. A. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1349–1358. https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Pahrijal, R., & Priyana, Y. (2023). Keterampilan Penting dalam Abad ke-21: Pendidikan dan Kesuksesan Profesional. Jurnal Pendidikan West Science, 01(09), 583–589.

Prasojo, L. D., Mukminin, A., & Mahmudah, F. N. (2018). Manajemen Strategi Human capital Dalam Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Puspitasari, H. (2018). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1115

Rampai, B. (2017). PENDIDIKAN DAN HUMAN CAPITAL. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Risdianto, E. (2019). ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Bengkulu: Universitas Bengkulu, April, 7.

Silva, E., & Sá, A. A. (2018). Educational challenges in the Portuguese UNESCO Global Geoparks: contributing for the implementation of the SDG 4. International Journal of Geoheritage and Parks, 6(1), 95–106. https://doi.org/10.17149/ijg.j.issn.2210.3382.2018.01.007

Siregar, D. R. S., Ratnaningsih, S., & Nurochim. (2022). PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 61–71.

Suhendra, I. (2020). MODAL MANUSIA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI Jurnal Ekonomi-QU. Jurnal Ekonomi-QU, 10(2), 225–239.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.

Suseno, B. D. (2024). Transformasi Human capital Indonesia: Merespon Tantangan Global dengan Integrasi Artificial Intelligence (Issue July). EUREKA MEDIA AKSARA. https://repository.penerbiteureka.com/publications/568052/transformasi-human-capital-indonesia-merespon-tantangan-global-dengan-integrasi%0Ahttps://repository.penerbiteureka.com/media/publications/568052-transformasi-human-capital-indonesia-mer-4cc8a723.p

Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102

Umalihayati, U., Dayurni, P., & Hidayat, M. (2023). Pendampingan Dalam Memahami Investasi Human capital Dorong Pembangunan Berkualitas Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 89–95. https://doi.org/10.55883/jipam.v2i2.54

Wujarso, R. (2022). PERAN HUMAN CAPITAL DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI. 430 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. ( Printed), 6(2), 430–438. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.790

Yulia Rakhmawati, S. (2023). Optimalisasi RKAS Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Human capital Di SMKN 3 Tuban. Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 1(3), 58–66. https://doi.org/10.55606/mri.v1i3.1260

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.