Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedundang Tahun Pelajaran 2018/2019

Yulia Palupi, Afwan Tirta Wibisono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil setelah diterapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas V di Sekolah Dasar  Negeri Kedundang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus  terdiri dari empat tahap yaitu tahan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan dilaksanakan dua pertemuan. Materi yang diajarkan yaitu alat gerak manusia. Subjek dalam penelitian ini  peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedundang  yang berjumlah  24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan  kuantitatif. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA yang direncanakan pada Siklus I belum maksimal. Keberhasilan perencanaan Siklus II ditandai dengan adanya partisipasi aktif dari peneliti, observer, dan guru kelas dalam merefleksi tindakan untuk mencari solusi dari permasalahan, antusias peserta didik, serta  meningkatnya pelaksanaan proses pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model Project Based Learning oleh guru pada Siklus I menunjukkan rata-rata persentase  sebesar 74.60%. Setelah dilaksanakan Siklus II meningkat menjadi 88.33%. 3) Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada Siklus I Pertemuan 1 sebesar 50% dan Pertemuan 2 sebesar  54.16% dan pada  Siklus II mengalami peningkatan pada  pertemuan 1 menjadi 83.33% dan pertemuan 2 menjadi 87.50%. 4) Selain itu peningkatan juga ditunjukkan oleh hasil belajar psikomotor. Pada  Sikus I rata-rata persentase hasil belajar psikomotor sebesar 83.33%.


Keywords


Model Project Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999).Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Cita.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia. cetakan 3

Irham, M. dan Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sapriati, A et al. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. cetakan 4.

Purwanto, M, N. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

____________. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Setiani, A dan Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.