Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedundang Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil setelah diterapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kedundang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan dilaksanakan dua pertemuan. Materi yang diajarkan yaitu alat gerak manusia. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedundang yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA yang direncanakan pada Siklus I belum maksimal. Keberhasilan perencanaan Siklus II ditandai dengan adanya partisipasi aktif dari peneliti, observer, dan guru kelas dalam merefleksi tindakan untuk mencari solusi dari permasalahan, antusias peserta didik, serta meningkatnya pelaksanaan proses pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model Project Based Learning oleh guru pada Siklus I menunjukkan rata-rata persentase sebesar 74.60%. Setelah dilaksanakan Siklus II meningkat menjadi 88.33%. 3) Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada Siklus I Pertemuan 1 sebesar 50% dan Pertemuan 2 sebesar 54.16% dan pada Siklus II mengalami peningkatan pada pertemuan 1 menjadi 83.33% dan pertemuan 2 menjadi 87.50%. 4) Selain itu peningkatan juga ditunjukkan oleh hasil belajar psikomotor. Pada Sikus I rata-rata persentase hasil belajar psikomotor sebesar 83.33%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (1999).Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Cita.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia. cetakan 3
Irham, M. dan Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sapriati, A et al. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. cetakan 4.
Purwanto, M, N. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar
____________. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Setiani, A dan Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.