Pengaruh Citra Lembaga, Budaya Dan Service Performance Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di Koperasi Simpan Pinjam Desa Cemagi, Badung Tahun 2021-2022

Ni Putu Mayra Dian Purnami, Putu Diah Asrida, Putu Siti Firmani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra lembaga, budaya dan service performance terhadap keputusan menabung di Koperasi Simpan Pinjam Desa Cemagi, Badung Tahun 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner yang mengambil responden sebanyak 95 anggota. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan secara parsial antara variabel citra lembaga terhadap keputusan menabung yang dibuktikan dari hasil uji thitung sebesar 6,636 > ttabel 1,990 dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05); (2) Ada pengaruh signifikan secara parsial antara variabel budaya terhadap keputusan menabung dilihat dari hasil uji thitung sebesar 6,927 > ttabel 1,990 dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05); (3) Ada pengaruh signifikan secara parsial antara variabel service performance terhadap keputusan menabung terbukti dari hasil uji thitung sebesar 8,815 > ttabel 1,990 dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05); (4) Ada pengaruh signifikan secara simultan antara variabel citra lembaga, budaya dan service performance terhadap keputusan menabung dilihat dari hasil uji Fhitung sebesar 41,930 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya Adjusted R Square adalah 0,566 yang artinya sebesar 56,6% variabel keputusan menabung dipengaruhi oleh citra lembaga, budaya dan service performance sementara sisanya 43,4% dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diluar dari model penelitian

Keywords


Citra Lembaga, Budaya, Service Performance, dan Keputusan Menabung

Full Text:

PDF

References


A.Anditha Sari. 2017. Dasar-Dasar Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta : Deepublish.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Asrida, P. D. (2019). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SWALAYAN AYU NADI PANJER. Widyadari: Jurnal

Pendidikan, 20(2).

Susanti, F., & Ekazaputri, W. (2018). Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT BPR Labuh Gunung Payakumbuh. Jurnal Benefita, 3(3), 433-444.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen ( Sikap dan Pemasaran). Surabaya: Deepublish.

Harahap, I. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Menabung Di Era Pandemi Covid-19 Pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Sibuhuan (Doctoral dissertation, UMSU).

Ismunandar, Y. A. L. (2019). PENGARUH FAKTOR BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LO’I ME’E MBOJO DI KOTA BIMA. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora (JSEH) p-ISSN, 2461, 0666.

Janna, N. M., & HERIANTO, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.

Kirom, Bahrul. 2015. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen: Service Performance ang Customer Satisfaction. Jakarta: Pustaka Reka Cipta.

Kotler, Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Keduabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Krisna, N. Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing, Service Performance dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Indonesia Wilayah Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Muhtar, N. B. K. (2020). Pengaruh Budaya, Kelompok Referensi, Persepsi Dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung).

Muchilisin Riadi.2020. “Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik PengambilanRumus)”.Tersedia:https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasidansampelpenelitian.html?m=1 (diakses pada tanggal 19 April 2022)

Nurkhasanah, E. (2018). Pengaruh Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Anggota Untuk Menabung Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Soyo Mulyo Watulimo Trenggalek.

Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara.

PP Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam I Oleh Koperasi.

Rifa’i, Khamdani. 2019. Membangun Loyalitas Pelanggan. Jember: Zifatama Jawara

Rini Dwiastuti, Agustina Shinta, dkk. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press

Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta, Bandung

Sugiyono, 2015.Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: AlfaBeta, Bandung.

Sulistiyowati, Wiwik. 2018. Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya. Sidoarjo: UMSIDA PRESS

Supiani, S., Rahmat, F., & Budiman, F. (2021). Pengaruh Budaya dan Persepsi Masyarakat terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Al-bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 49-58.

Tsauri, Sofyan. 2014. Manajemen Kinerja (Performance Management). Jember: STAIN Jember Press

Woro, B., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Kinerja Layanan, Customer Value Dan Keunggulan Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Tabungan Rencana Mandiri (Studi Pada Nasabah Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Semarang Majapahit) (Doctoral Dissertation, Diponegoro University).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.