Pengaruh SDM Keluarga Terhadap Pendidikan Karakter Anak

Carien Rosyidah Nuharidha, Endang Sri Maruti

Abstract


Keluarga memiliki peran penting dalam pendidikan anak. Setiap keluarga akan mencetak personil dengan karakter yang berbeda, sesuai dengan bagaimana cara mendidik dan pola asuh anak. Cara mendidik dan pola asuh anak setiap keluarga pasti berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh SDM Keluarga terhadap pendidikan karakter anak. Subyek penelitian ini adalah keluarga di lingkungan tempat tinggal peneliti yang berjumlah 2 keluarga. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan fakta yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas SDM keluarga berpengaruh pada pola asuh dan cara mendidik anak sehingga mempengaruhi pendidikan karakter anak. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui peran keluarga dalam proses pembentukan karakter anak.


Keywords


Sumber daya manusia; Keluarga; Pendidikan Karakter; Anak

Full Text:

PDF

References


Heppy Hyma Puspytasari. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. jurnal pendidikan islam, 6.

Munna, Z. N., Sulistiyowati, I., & Purwanti, L. (2020). Hubungan Antara Sumber Daya Manusia Orangtua Dengan Kualitas Pola Asuh yang Diberikan. Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), 132–138. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i3.96

Presiden Repubik Indonesia. (2017). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Pasal 1 Angka 1).

Widianto, E. (2015). PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.