Google Sites Sebagai Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran IPAS di Era Society 5.0
Abstract
Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian pengembangan. Model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) terpilih sebagai model yang digunakan dalam penelitian. Tahap model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis kelayakan dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis website Google Sites pada materi kegiatan jual beli. Subjek dalam penelitian terdiri atas guru dan siswa kelas IV SDN 04 Manisrejo. Metode angket, tes, dan dokumentasi dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Media terdiri dari delapan menu dengan pola penyajian interaktif. Teknik analisis data melalui analisis statistik kualitatif dan deskriptif kualitatif. Multimedia interaktif Google Sites dinyatakan sangat layak oleh ahli media dengan persentase 100%, ahli materi 87,5% dan ahli bahasa 91,67%. Selain itu, kepraktisan penggunaan berdasarkan angket respon guru memperoleh persentase 95% dan angket respon siswa sebesar 93%. Hasil rata-rata pre test sebesar 63,06 dan post test sebesar 86,12. Berdasarkan data tersebut, media ini dinyatakan sangat layak dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS di Era Society 5.0.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarsari, N., Kurniawati, R. P., & Pratiwi, C. P. (2022). Pengaruh Model PBL Berbantuan Flip Book terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 45–51. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Azis, H. A., & Prihantoro, C. (2022). Financial System of Nurul Falah Masjeed in the Society 5.0 Era Using The Website. Jurnal Komitek, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v2i1
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
BSKAP Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.
Gladden, M. E. (2019). Who Will be The Members of Society 5.0? Towards An Anthropology of Technologically Posthumanized Future Societies. Social Sciences, 8(5). https://doi.org/10.3390/socsci8050148
Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 27(1), 51–62.
Jelita, V. S. (2022). Pengembangan Media Video Solfeggio terhadap Kemampuan Bernyanyi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 295–303. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4466
Kurniawan, B., & Kusuma, N. P. (2022). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif EPIC 5C Berbasis CBL. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Kusuma Widyaningrum, H., Putri Pratiwi, C., & Listiani, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media 3D dengan Menggunakan Media Pop-Up Book sebagai Bentuk Peningkatan Gerakan Literasi Baca dan Tulis Siswa Sekolah Dasar. 4(1), 2614–7947.
Listiani, I. (2018). Efektivitas Lembar Kerja untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 17–25.
Pribowo, F. S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah IPA Berbasis Pendekatan Scientific Approach. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 54–66. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.599
Prima Kurniawati, R., Rahmantika Hadi, F., & Rulviana, V. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cognitive Load Theory (CLT) pada Materi Volume Kubus dan Balok di Sekolah Dasar. 7(2), 314–323.
Prima Kurniawati, R., Rulviana, V., Soeprijadi Djoko Laksana, M., & Putra Pratama, D. (2022). Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif guna Mengoptimalisasi Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Langit Biru, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.54147/jpkm.v3i01
Puji Utami, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 394–401.
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Rian Wulandari, E., Listiani, I., & Khotijah, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pandak. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1481–1490.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Shelviana, Amita, P., & Listiani, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar e-LKPD Menggunakan Liveworksheet Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SDN 01 Manguharjo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 662. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Vas, R., Weber, C., & Gkoumas, D. (2018). Implementing Connectivism by Semantic Technologies for Self-Directed Learning. International Journal of Manpower, 39(8), 1032–1046. https://doi.org/10.1108/IJM-10-2018-0330
Wahidah, A. N., Sari, M. K., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Sekarputih 1. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 239–244. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Refbacks
- There are currently no refbacks.