Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pramuka

Aura Fitri Andini, Dewi Tryanasari, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karaker mandiri melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pembina pramuka, dan siswa kelas IV SDN Dimong 01 Kabupaten Madiun tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 3 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan sikap kemandirian siswa dari pendidikan karakter di sekolah dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mempengaruhi siswa dalam membentuk karakter kemandirian dan meningkatkan pendidikan karakterdi sekolah dasar.


Keywords


Pendidikan Karakter; Mandiri; Ekstrakurikuler Pramuka; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendias, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-

Eka Purwanti, dan Yantoro, I. S. P. (2020). Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 112–117.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606

Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Mantiri, J. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Mardiah Astuti et al. (2022). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 2(1), 5–24.

Natalya Tirsa Mokorowu, Deitje A.Katuuk, Tarusu, D. T., & Pangkey, R. D. H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Tombatu. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1544–1558. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7314

Nursanjaya, S., Ag, M., & Pd. (2021). MEMAHAMI PROSEDUR PENELITIAN KUALITATIF: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa. Negotium : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 04(No. 01), 126–141.

Ruswan, A., Rosmana, P. S., Fatimah, A. Z., Sudirja, R., Laksita, E. C., Putri, I. A., Ayu, P., & Rahma, F. (2024). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kepramukaan. Jurnal Pendidikan Tambusi, 8(1), 3406–3412.

Sahrani Danur Kusuma Abdillah dan Nilamsari Damayanti Fajrin. (2023). Implementasi dimensi profil pelajar pancasila pada kegiatan pramuka penggalang. Conference Of Elementary Studies, 1, 647–651. https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i2.53598

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Suryanto, H., Warring, S., Kartikowati, R. S., Rorimpandey, W. H., & Gunawan, W. (2021). Study creativity with diverse social skills to support the learning process in future education. Journal of Diversity in Learning (JDIL), 1(2), 85–89. https://www.journalofdiversity.com/index.php/jdil/article/view/21

Zhang, L., Zheng, X. L., Qiu, D. S., Cai, S. K., Luo, H. M., Deng, R. Y., & Liu, X. J. (2013). [Correlation analysis of major agronomic characters and the polysaccharide contents in Dendrobium officinale]. Zhong Yao Cai = Zhongyaocai = Journal of Chinese Medicinal Materials, 36(10), 1573–1576.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.