Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Stick Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD

Arum Duwi Puspita

Abstract


Berdasarkan observasi serta wawancara, banyak peserta didik yang gagal menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh pendidik. Kegiatan peserta didik dalam pembelajaran masih kurang. Peserta didik kurang dalam bertanya tentang materi pelajaran yang belum dimengerti karena mereka takut apabila pertanyaan yang diajukan menjadi persoalan yang tak seberapa. Bahkan pada saat guru menerangkan pelajaran ada peserta didik yang tidur. Sesuai wawancara dengan guru juga dapat diketahui apabila guru telah menerapkan contoh pembelajaran yang bervariasi serta bisa mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi, mengetahui perencanaan pembelajaran, mengetahui pelaksanaan pembelajaran serta untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN 03 Penggung dengan menggunakan media stick board dalam pembelajaran Matematika (perkalian). Sedangkan metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penerapan model pembelajaran model PBL dengan berbantuan media stick board untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian menunjukkan bahwa pada tahap siklus I dari ke-8 peserta didik yang nilainya dibawah KKM atau belum mendapatkan nilai ≥75 dinyatakan belum tuntas sebanyak 5 peserta didik. Pada siklus II dari ke-delapan peserta didik yang diteliti 5 peserta didik sudah menncapai ketuntasan, hanya ada satu peserta didik yang belum tuntas. Pada aktivitas kerjasama peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL (Problem Based Learning) dengan berbantuan media papan stik (stick board) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 03 Penggung Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan tahun ajaran 2023/2024.


Keywords


PBL; Media Stick Board; dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A., & Suhaemi, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar, Motivasi dan Minat Peserta Didik Menggunakan Metode Diskusi dan Media Stik Es Krim. INA-Rxiv, 1–31.

Asfadi, B., Yelianti, U., & Budiarti, R. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 3 Kota Jambi. Biodik, 1–8.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.

Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas II Sdn Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38.

Hi Dahlan, A., & Kondihi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik (Stick Board) pada Materi Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4412065

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah, B. (1993). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Oleh Sutrisna Wibawa (FBS UNY). 1970.

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.