Kelayakan Media Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Arinda Eka Putri, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiyani

Abstract


Media pembelajaran berfungsi sebagai alat utama dalam pembelajaran, mempercepat proses pendidikan, dan membantu siswa dalam menguasai materi pembelajaran. Pada penelitian ini mengembangkan media interaktif berbasis keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media interaktif dan mengetahui kelayakan media interaktif dalam pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas V SDN Sidomulyo 01 berjumlah 19 siswa. Pada pengumpulan data menggunakan validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket respon guru, dan siswa. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan ahli media 88%, ahli materi 91%, ahli bahasa 93% yang dikategorikan “sangat valid” dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPAS. Respon guru menunjukkan 100% dan respon siswa 98% dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis keterampilan proses sains berbantuan flipbook digital kelas V layak digunakan pada pembelajaran IPAS.

Keywords


media pembelajaran; media interaktif; keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Akrom, M., Muslim, R. I., Albab, U., & Gunawan, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 6(1), 22–30.

Cemelelioğlu Altın, N., & Bingöl, H. O. (2018). Place of flip book animation technique in communication design education. Journal of Human Sciences, 15(2), 943. https://doi.org/10.14687/jhs.v15i2.5346

Khasanah, Q., Amita, P., Prasasti, T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 9–15. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690

Manggala, A. ., Prasasti, P. A. ., & Palupi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Software Appy Pie untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada sub tema keseimbangan ekosistem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 8(1), 815–832.

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Prasasti, P. A. T. (2019). Pengembangan Pembelajaran Sains SD.

Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66

Rubiantica, R. (2021). Pesat Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Pendidikan , 7(3), 98–104. http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963


Refbacks

  • There are currently no refbacks.