Penerapan Penggunaan Media Digital Berbasis Gambar Berseri Dalam Keterampilan Belajar Membaca Anak Sekolah Dasar

Inas Dwi, Ibadullah Malawi, Nur Syamsiah

Abstract


Tujuan dalam metode dan hasil dari ini yang berjudul penerapan penggunaan media digital dengan menggunakan gambar berseri bagi siswa kelas 3 SDN Janggan Kecamatan Poncol,  ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar membaca dengan baik dan benar. Bagaimana dengan adanya penerapan belajar membaca menggunakan media gambar berseri di SDN Janggan, untuk memperoleh hasil penelitian tersebut peneliti mengambil Tindakan dengan pendektan kualitatif. Peneliti juga melihat apakah ada hambatan dalam belajar membaca, dan Upaya apa yang akan dilakukan untuk menarik minat siswa belajar membaca, peneliti memberi tes kepada siswa untuk melihat kemampuan membaca siswa yang memiliki kategori baik dan kategori rendah.

Keywords


Media Digital; Gambar Berseri; keterampilan Belajar membaca

Full Text:

PDF

References


Septiana Soleha, Riska, Enawar Enawar, Dilla Fadhillah, and Sumiyani Sumiyani. 2021. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.” Berajah Journal 2(1): 58–62.

Izkiyah, L. (2020). Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Montase Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SDN Wonosari 03 Semarang.

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang : IKIP Semarang Press

Daryanto. 2010.Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Kristansto., Eko, Haryanto. 2014. Pendidikan Seni Rupa Anak. Semarang: Universitas

Pratiwi, Dwi. 2016. Improving The Tenth Grade Students’ Writing Skill by Using


Refbacks

  • There are currently no refbacks.