Pengaruh Media snake and ladder game Berbasis Model Cooperative Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV

Ika Pratiwi, Ivayuni Listiani, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan permasalahan yang ada yaitu hasil belajar yang rendah dengan bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe TGT Berbantuan Media Snake And Ladder Game Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD. Subjek penelitian ini berjumlah 40 siswa, Model penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPAS menggunakan model pembelajaran cooperative tipe TGT berbantuan media snake and ladder game menunjukan T (hitung)4,865>T (tabel) 2,0243 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe TGT berbantuan media snake and ladder game berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS kelas IV.

Keywords


Model Pembelajaran Cooperative Tipe TGT; Snake And Ladder Game; Hasil Belajar IPAS.

Full Text:

PDF

References


Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Munawaroh, F., Prasetyaningtyas, F. D., & Arlinda, D. F. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournamnent (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Ngaliyan 03. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 314–341.

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426

Sabila, S., M, K. N. N., Ayunda, S. S., & Khasanah, N. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Pengaplikasian Game Edukasi ( Ular Tangga ) untuk Meningkatkan Konsentrasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik dimainkan oleh 2 orang atau lebih dengan menggunakan. ProsidingSEMAISeminar Nasional PGMI, 499–518.

Safitri, R., Eka Subekti, E., & Nafiah, U. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Ulin Nafiah INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 297–308.

Sitohang, H. A., & Sukmawarti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 104241 Syahmad. Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1535–1543.

Syukurti, D. (2020). Penerapan Model PEmbelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Tekonologi Pendidikan, 10(1), 31–37.

Wardan, E. Y., Sesanti, N. R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Melalui Game Ular Tangga Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Nglebak Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang Seminar Nasional PGSD UNIKAMA Pendahuluan Pendidikan adalah salah satu sarana meningkatk. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 394–400.

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.