Implementasi IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV DI SDN Getasanyar 3

Gilang Kristyan Yulianto Saputro, Ibadullah Malawi, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi mata Pelajaran IPAS dalam kurikulum Merdeka dikelas IV di SDN Getasanyar 3.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif ini mengeksplorasi pengalaman guru dan kepala sekolah melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi dan melibatkan subjek sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah mampu melaksanakan kurikulum merdeka dengan baik namun ada beberapa hal yang menghambat jalannya kurikulum disekolah. Sekolah mengalami berbagai tantangan seperti kurangnya sarana prasarana, kurangnya pelatihan dan keterbatasan waktu dalam penerapannya. Selain itu kurikulum ini memberikan pengalaman baru bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Meskipun demikian sekolah memiliki peluang untuk memperbaiki impliementasi kurikulum merdeka dengan berbagai upaya.


Keywords


Implementasi; IPAS; Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

References


Nilasari, A. P., Malawi, I., & Lestari, S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1505-1514.

Zuhaida, A., & Yustiana, Y. R. (2023). Tantangan Guru dalam Mengajar IPA: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 226-231.

Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190-203.

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.

Widiyastuti, R., Mubarokah, G., & Istiqomah, I. (2023). Posisi Mata Pelajaran IPA dan IPS Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 196-211.

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam‎ Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia‎ Cianjur. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 63-76.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar Kabupaten Garut. Jurnal basicedu, 6(4), 5877-5889.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.