Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Gianita Sella Wisuda, Hendra Erik Rudyanto, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Model pembelajaran berbasis masalah, seperti halnya model Problem Based Learning, diperlukan untuk mengintegrasikan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah paradigma Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun dijadikan sebagai subjek penelitian. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data berbasis Quasi Eksperimental, seperti desain Pretest dan Posttest, yang digunakan dalam penelitian eksperimental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dari kelas kontrol dan eksperimen, yang menggunakan teknik Simple Random Sampling untuk pengambilan sampel. Hail analisis data uji-t menunjukan perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan. Jadi hasi keputusan penelitian menunjukan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar terdapat pengaruh yang signifikan ditinjau dari kemampuan kognitif.


Keywords


Hasil Belajar Kognitif; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Aiman, U., Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL ) TERHADAP. 1, 1–5.

Cahayati, C., & Irwan, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Smk - Spp Negeri Asahan. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 55–60. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.122

Indriyati, N., Harun, L., Purwati, H., & Winanti, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI. 06(01), 4903–4910.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Masduriah, H., & Madiun, U. P. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. 2, 277–285.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Triyas Wati, M. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SD. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1357–1360. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID


Refbacks

  • There are currently no refbacks.