Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Bantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Florista Aurora Valentiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantu media kartu kata untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu media kartu kata untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar. PTK digunakan sebagai metodologi penelitian ini. Cara untuk mengumpulkan data melibatkan observasi dan pengujian. Alat penelitian meliputi lembar observasi instruktur, lembar observasi siswa dan tes  kemampuan  hasil  belajar  siswa.  20 siswa kelas 5 SDN Pintu Jenangan Kabupaten Ponorogo. dijadikan subjek  penelitian. Menurut temuan penelitian, penerapan model CTL secara  tatap muka dengan  kartu  kata  sebagai  alat pelengkap  dianggap berhasil.  Dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 53,33% dan siklus II sebesar 93.34%, maka kecakapan guru dalam melaksanakan  kegiatan  belajar  mengajar  dengan  menggunakan  model  CTL  dengan penggunaan kartu kata dinilai baik.


Keywords


Model CTL; Media Kartu Kata; Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Anshori, M., & Iswati, S. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press (AUP).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Misdar. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bagi Anak Lambat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1).

Purba, W., Situmorang, M. V., & Silaban, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teacher and Learning) Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 14(1), 49. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v14i1.7774

Putrianasari, D. (2003). Pengaruh penerapan pendekatan. Scholaria, 5(20), 62–70.

Rahayuningsih, N., Ashadi, & Sarwanto. (2013). Pembelajaran Biologi Dengan Model CTL(Contextual Teaching LEARNING) Menggunakan Media Animasi dan Media Lingkumgan Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuiri, 2(2), 173–183. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Sinar Grafika.

Rizal, M. P. dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Rusnilawati, D. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Edukatif dari Sampah Anorganik Bagi Siswa dan Guru Di SLB N Semarang. Jurnal: University Research Colloquium.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Gramedia Pustaka Jaya.

Susiloningsih, W. (2016). MODEL PEMBELAJARAN CTL ( Contextual Teaching and Learning ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATAKULIAH KONSEP IPS DASAR. 1, 57–66.

Yusnita, & Munzir. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Dengan Contextual Teaching Learning Melalui Media Gambar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 23–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.