Problematika Pembelajaran Sains Berbasis Online pada Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL): Perspektif Guru di SD Lazuardi Kamila Global Compassionate School (GCS)

Fita Khoirotul Faiqoh, Soeprijadi Djoko Laksana, Sri Lestari

Abstract


Pendekatan CLIL adalah metode pembelajaran menggunakan bahasa inggris yang terdiri dari empat komponen yaitu “Content, Communication, Cognition, dan Culture”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika pembelajaran sains berbasis online terhadap pendekatan CLIL di SD Lazuardi Kamila GCS. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan data dokumentasi, dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala dari guru sendiri adalah kualitas gadget guru yang belum merata. Adapun permasalahan dari siswa adalah adanya karakter siswa yang berbeda terutama dalam kemampuan berbahasa, semangat belajar yang rendah, keterlambatan dalam pengumpulan tugas, siswa off cam saat pembelajaran berlangsung secara online dan melakukan aktivitas lain seperti main game atau malah tiduran. Permasalahan dari orang tua terlalu sibuk bekerja hingga lupa tidak mengingatkan tugas anaknya. Solusi dari permasalahan ini dapat dilakukan dengan cara kolaborasi serta jalin komunikasi antara guru, siswa dan orang tua siswa dalam memahami serta memberikan umpan balik terhadap pembelajaran yang diberikan guru.


Keywords


Problematika, Pembelajaran Sains; Berbasis Online; Pendekatan CLIL.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arnyana, I., Warpala, I., & Santosa, M. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dengan Seting Kooperatif GI Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI. JPP Undiksha, 42(3). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1754

Aulia Annisa. (2020). Analisis Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual di Abad 21. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 31– 46. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.223

Defina, D., Krishandini, K., Arianti, L., Krishnawati, H., & Sulistyowati, H. (2014). Pembelajaran Dwibahasa Di Sekolah Dasar: Pelaksanaan, Kendala, Dan Harapan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 3(1), 13. https://doi.org/10.26499/rnh.v3i1.20

Fatmawati, Y. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Anak Sekolah Dasar di SDIU Fadlun Nafis Bangsri. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3(1), 312–323.

Kamumu, N. (2020). Implementasi content and language integrated learning (CLIL) dalam pembelajaran bahasa lintas kurikulum. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNIPMA 2020, Clil, 750–757.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). No Title. PT (Persero) Percetakan.

Lestari, B. D. (2019). Problematika Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013 Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 26/Iv Kota Jambi”. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Miftah, M., & Dewi, K. C. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kompetensi Teks Anekdot Bertemakan Konflik Sosial Di Kalangan Remaja. Jurnal Kwangsan, 4(2), 81. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.87

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Momang, H. D. (2018). Content Language Integrated Learning dan Implementasinya Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(2), 131–140.

Muti’ah, A. (2020). Pendekatan Content and Language Integrated Learning (Clil) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk): Belajar Berbahasa Melalui Materi Peminatan. Jurnal Unej.Ac.Id, Clil, 1–16.

Nurkhin, A. (2014). Strategi Content and Language Integrated Learning (CLIL) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Biaya. Dinamika Pendidikan, IX(2), 130–147.

Partinem. (2019). Pendekatan Sintesis Pedagogi Genre, Saintifik dan CLIL dengan Teknik UMKM2 Untuk Mengoptimalkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kritik dan Esai Sastra Kelas XII SMA 1 Purworejo. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra, Dan Budaya, 06(12), 643–658. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6029

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rifki, H. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu.

S, Z. A. P., & Setianingsih. (2017). Penerapan Pendekatan Content And Language Integrated Learning (Clil) Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6), 79–87.

Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 345–350.

Sari, R., Muktadir, A., & Hambali, D. (2021). Pengaruh Model Concept Sentence dengan Pendekatan CLIL terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Krangan Narasi Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.11801

Shidiq, Umar., Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Wati. (2013). Efektifitas Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Melalui Running Dictation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Lisan Sekolah Bilingual. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semaran (Issue Clil).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.