Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Media Kahoot! Pada Materi Fakta Dan Opini Kelas IV SD

Jayendra Evaningtyas, Heny Kusuma Widyaningrum, Siti Khuzaimah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memakai media Kahoot! dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif pembelajaran Bahasa Indonesia materi fakta dan opini pada peserta didik kelas IV SDN 02 Josenan, Kota Madiun. Sasaran pada riset ini yaitu 30 orang peserta didik kelas IV. Pengambilan data memperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi ketika melaksanakan tindakan dan tes. Hasil riset menyatakan bahwa terdapat perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah belajar menggunakan media Kahoot!. Analisis hasil tes menyatakan terdapat peningkatan dalam hasil belajar kedua siklus dibandingkan dengan kegiatan pra-siklus. Pengimplementasian media Kahoot! ketika belajar Bahasa Indonesia dengan materi fakta dan opini bisa meningkatkan kinerja dan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Media, Kahoot!, Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A. (2019). PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT “KAHOOT” DALAM

PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah

Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chen, Y. M. (2022). Understanding foreign language learners’ perceptions of

teachers’ practice with educational technology with specific reference to Kahoot!

and Padlet: A case from China. Education and Information Technologies, 27(2),

–1465. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10649-2

Garza, M., Olivan, S., Monleón, E., Cisneros, A. I., García-Barrios, A., Ochoa, I., Whyte,

J., & Lamiquiz-Moneo, I. (2023). Performance in Kahoot! activities as predictive of

exam performance. BMC Medical Education, 23(1), 1–8.

https://doi.org/10.1186/s12909-023-04379-x

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot ! untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [ Effectiveness of Using Kahoot ! to Improve Student

Learning Outcomes ]. 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Ismail, M. A. A., Ahmad, A., Mohammad, J. A. M., Fakri, N. M. R. M., Nor, M. Z. M., & Pa,

M. N. M. (2019). Using Kahoot! as a formative assessment tool in medical education: A phenomenological study. BMC Medical Education, 19(1), 1–8.

https://doi.org/10.1186/s12909-019-1658-z

Keadkraichaiwat, I., Sitticharoon, C., Lertsiripatarajit, V., & Maprapho, P. (2024).

Effects of using audience response systems (Kahoot and Google Forms and Sheets)

on learning of medical students in a large class: A questionnaire-based retrospective

study. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-

-12548-8

Khaira Ummul. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di

SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.

Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika

, 2(1), 659.

https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan

Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Santos-jaén, E. O. J. M., & Marín-hernández, S. (2023). university. 12671–12686.

Sari, S. K., & Ismet, S. (2021). EDUKATI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan

Kemampuan Motorik Halus Melalui Gambar Cetak Geometri Pada Pendidikan Anak

Usia Dini. 3(1), 149–155.

Serrano-Ausejo, E., & Mårell-Olsson, E. (2024). Opportunities and challenges of

using immersive technologies to support students’ spatial ability and 21st-century

skills in K-12 education. Education and Information Technologies, 29(5), 5571–5597.

https://doi.org/10.1007/s10639-023-11981-5

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361.

https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Zhang, Q., & Yu, Z. (2021). A literature review on the influence of Kahoot! On learning

outcomes, interaction, and collaboration. Education and Information Technologies,

(4), 4507–4535. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10459-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.