Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Model Pembelajaran CIRC Untuk Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV SD

Violitha Ramadhanianti Wibowo, Cerianing Putri Pratiwi, Endang Sri Maruti

Abstract


Kemampuan literasi merupakan hal yang sangat penting bagi siswa SD, namun mengajak mereka terlibat dalam pembelajaran yang efektif tetap menjadi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media komik digital berbasis model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) guna meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di kelas 4 SDN Puntukdoro 2 dengan melibatkan 22 siswa. Data dikumpulkan melalui tiga tahap validasi ahli dan dua putaran umpan balik dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital berbasis model pembelajaran CIRC sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa SD.


Keywords


Kemampuan Literasi; Model Pembelajaran CIRC; Komik Digital

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Aguayo Torrez, M. V. (2021). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL COVID-19 MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMA.

Agustang, A. (2021). Makalah “Masalah Pendidikan Di Indonesia.” Www.Melianikasim.Wordpress.Com, 0–19. https://meilanikasim.wordpress.com/2009/03/08/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia/

Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016

Aziza, D. N., & Sudibyo, E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Komik pada Materi Getaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 7 No.2, 187–19. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28096

B.HS, H. A., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465

Bonita Firdiana. (2020). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL KOMPETENSI DASAR MODEL PEMANENAN UNTUK PEMBELAJARAN DARING SISWA APHP SMK NEGERI 1 SUKALUYU CIANJUR. Universitas Pendidikan Indonesia, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164

Maarif, H. (2015). EKSPERIMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DAN CIRC DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 SD Pendidikan Guru Sekolah Dasar – FKIP – UKSW Salatiga. 97–115.

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.

Nasution, W. H. R. (2019). Pemanfaatan Media Kahoot dalam pembelajaran IPA Pada Sekolah Dasar Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 894–898. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran. Bahasa Indonesia Realistik Indoneisa.THEOREMS, 2 (2), 70–79. https://redirect.is/g7bat78. [diakses pada tanggal 20 November 2020

Putra, A., Milenia, I. F. (2021). Media Komik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan media komik dengan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan literasi Bahasa Indonesia kelas IV. AKSIOMA : Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(1), 60–70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741

Senen, A., Sari, Y. P., Herwin, H., Rasimin, R., & Dahalan, S. C. (2021). The use of photo comics media: Changing reading interest and learning outcomes in elementary social studies subjects. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2300–2312. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6337

sholahudin, U., Dewi, L. M., & Gentari, R. E. (2019). Student Empowerment In The Literacy Movement To Increase Interest In Reading School-Age Children [Pemberdayaan Mahasiswa Dalam Gerakan Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Sekolah]. Proceeding Of Community Development, 2, 658. https://doi.org/10.30874/Comdev.2018.372

Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745

Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180–188. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20411


Refbacks

  • There are currently no refbacks.