Gambaran Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rista Dwi Febrianti, Eka Nofri Ari Yanto, Suyanti Suyanti

Abstract


Keterampilan menyimak memiliki pengaruh besar terhadap pemahaman dan komunikasi siswa, keterampilan ini sering kali kurang diperhatikan. Seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan media audiovisual menjadi pilihan yang menarik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa sekolah dasar. Keterampilan mendengarkan adalah komponen penting dalam pembelajaran bahasa yang sering diabaikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat keterampilan mendengarkan siswa sebelum dan sesudah penggunaan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimental di SDN 01 Nambangan Kidul. Pertama, pre-test dilakukan untuk mengukur tingkat awal keterampilan mendengarkan siswa. Siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok; satu kelompok menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran, sedangkan kelompok lainnya tidak. Setelah periode tertentu, post-test dilakukan untuk mengevaluasi perubahan keterampilan mendengarkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan mendengarkan siswa yang menggunakan media audiovisual dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media audiovisual dapat secara efektif meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa siswa.


Keywords


Media Audio Visual; Kemampuan Menyimak; Dongeng

Full Text:

PDF

References


Aprina, L. (2023). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiya Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR) Sibuhuan. 8(3), 98–101.

Arifin, M. C., Damariswara, R., & Imron, I. F. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Videoscribe Berbasis Scientific Approach Pada Materi Dongeng Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas Ii Sdn Lirboyo 1 Tahun Ajaran 2021/2022. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 242–258. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.604

Assagaf, M. F., Azis, S. A., & Akib, T. (2023). Aplikasi Youtube Kids untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Murid Sekolah Dasar. 2(4), 163–172.

Ayuanita, K., & Hafid Effendy, M. (2022). Model Pembelajaran Menyimak Kritis Melalui Media Interaktif pada Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 62–79. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i1.6338

Aziza, N. (2020). Pengaruh Video Media Dongen Terhadap Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Blitar. 02, 1–12.

Bawamenewi, H., & Halawa, N. (2023). Herniwati Bawamenewi & Noibe Halawa. 0000, 166–179.

Crystallography, X. D. (2016). MEMFASILITASI PEMAHAMAN MENYIMAK DENGAN INSTRUKSI STRATEGI METAKOGNITIF. 11, 1–23.

Elvina, Rinja Efendi, Delia Putri, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Pohon Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan, 6(2), 104–111.

Endang Kusripinah, R. R., Yuwana, S., & Hendratno. (2023). Keefektifan Pengembangan Media Buku AJIB Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 837–843. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5451

Ermawati, E. (2023). PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IV SDN 18 MUARA TELANG. 9(20), 409–416.

Faizah, S. N., Sukarno, S., & Sriyanto, M. I. (2021). Analisis keterampilan menyimak tayangan belajar di TVRI pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 18–23. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.48707

Febiani Musyadad, V., & STIT Rakeyan Santang, P. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Sekolah Dasar Melalui Media Audio Visual. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 51–60.

Gustini, R., Marlini, C., Fuad, Z. Al, Bina, U., Getsempena, B., & Dongeng, K. M. (2023). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 4 , Nomor 1 , Maret 2023 PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 57. 4(1), 1–15.

Hafizah, Lustyantie, N., & Iskandar, I. (2023). Pemanfaatan Youtube pada Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar (The Use of Youtube in Learning Listening Skill for Character Based Educational Short Story of Elementary School Students). Https://Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id/Index.Php/Disastra/Article/View/9832/4860. , 5(2), 2655–7851.

Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.

Hoerudin, C. W. (2023). MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM BENTUK BUKU DONGENG. 1(1), 1–10.

Khoirini, F. N., & Mundzir, I. (2023). Education and Training on Stress Management for High School Students to Reduce Academic Stress EDUKASI DAN PELATIHAN MANAJEMEN STRES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ( SMA ) UNTUK MENGURANGI. 1(2), 85–93.

Kusumaningpuri, A. R. (2023). Implementasi Video Dongeng Berbasis Kearifan Lokal pada Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 479–496. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.670

Lathifa, L. I. A., Eka, E., Wakhyudin, H., & Nuriafuri, R. (2023). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iii Di Sdn Sendangmulyo 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3279–3286. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1017

Lazuardi, D. R., & Effendi, M. S. (2022). Respons Mahasiswa terhadap Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Berbasis Saintifik Sri Murti Abstrak Student Responses to Scientific-Based Listening Skills Teaching Materials Abstract A . Pendahuluan pendidik sebagai acuan atau pedoman dalam proses kegiatan b. 302–311.

Liando, M. R., & Pendek, C. (2023). MEDIA AUDIOVISUAL MENYIMAK CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD GMIM 4 TONDANO. 6, 687–691.

Lustyantie, N., Iskandar, I., & Author, C. (2023). Pemanfaatan Youtube pada Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id/Index.Php/Disastra/Article/View/9832/4860, 5, 237–247.

Maskanah, A. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terarah Untuk Meningkatkan Mahārah Qirā ’ Ah Menggunakan Media Kartu Bergambar. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 2(2), 1242–1251.

Muhammadiyah, U., & Rappang, S. (2018). Pembelajaran Keterampilan Menyimak Kritis Sebagai Sarana. March.

Mulyana, E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita di TK Islam Al-Azhar 27 Cibinong. Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), 24–29. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti

Musaljon. (2021). Pengaruh metode Integratuf dan Minat Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. 2(1), 36–46.

Nadrah. (2008). AN ACTIVE INTEGRATIVE LISTENING MODEL: AN APPROACH IN IMPROVING LANGUAGE SKILL. 282.

Nalapraya, P., Simbolon, N., & Simanjuntak, E. B. (2023). Pengembangan Media Song With Animation Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Sekolah Dasar. 7, 21402–21414.

Natalia, R., Munthe, S., Hastuti, U. S., & Susilo, H. (2023). Development of audiovisual media on “ Mold ” material based on guided inquiry to improve students ’ critical thinking skills A . Introduction. 5(3), 403–411.

Putri A. (2022). Literature Review : Effectiveness of the Use of Nutrition Education Media on Knowledge and Attitudes of Elementary School Students on Balanced Nutrition. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 14(2). http://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/232/205

Putri Mustiningtyas, Wahono, N. S. (2022). Hubungan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Animasi Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Kb. At-Taqwa Tahun Pelajarn 2021/2022. Conference of Elementary Studies, 631–640. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14982/5447

Rambe, N. R., Mirna, W., . A., & Purwana, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Intensif. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 9(1), 60. https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.35539

Sa’ida, R. S., & Rahman, Y. (2022). Alih Kode dan Campur Kode pada Film Who Am I - Kein System 1st Sicher. Identitaet, 11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/48155

Safitri, H. A., Wulandari, M. D., Surakarta, U. M., & Tengah, J. (2023). Media Dongeng Digital Untuk Meningkatkan Digital Tale Media To Improve the Emotional. 10(1), 75–85.

Safitri, V. A. (2022). Anaslisis Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Motion Graphic. 20(1), 105–123.

Setiawati, L. (2014). Hakikat Menyimak. Modul, 14. https://core.ac.uk/reader/198234637

Siam, D. N. B. (2022). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam. 2, 1366–1376.

Sinaga, M. I., Simaremare, A., & Wau, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Qr Code Generator untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(6), 9887–9897. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4082

Soares, S. (2015). PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LURAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 DALAM MEMAHAMI ISI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENYIMAK DAN TEKNIK MEMBACA. Nhk技研, 151(dk 70), 10–17.

Sugihartati, A., Asri, Y., & Gani, E. (2019). Korelasi Keterampilan Menyimak Apresiatif Teks Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Pariaman. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 6. https://doi.org/10.24036/103909-019883

Sulistyowati, T., Mujiyanto, J., Rukmini, D., & Hartono, R. (2022). Strategy Metacognisi Pada Pembelajaran Kelas Menyimak untuk Mempersiapkan Siswa Sebagai Pembelajar yang Mandiri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 1094–1100.

Susanto, H., Cinda Hendriana, E., & Pendidikian Guru Sekolah Dasar STKIP Singkawang, D. (2023). Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 83. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1year2023

Susanto, M. (2020). Kreativitas dan Kebangsaan.

Susanto, S. I. (2023). Modul Jara Bahasa Indonesia.

Syamsuddin, R. (2021). Buku keterampilan berbahasa indonesia. Universitas Negeri Makassar, May, 64.

Theresia, E., Rohana, & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 191–204. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400

Wuryaningrum, R. (2019). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember Pembelajaran Menyimak. 159.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.